Usaha Ternak Ayam Potong - Resiko, Kelebihan dan Pangsa Pasarnya - Berusaha Bisnis

Latest

Inspirasi Usaha dan Bisnis

Sunday, January 27, 2019

Usaha Ternak Ayam Potong - Resiko, Kelebihan dan Pangsa Pasarnya

Daging ayam merupakan aalah satu makanan yang digemari banyak orang. Baik itu dijadikan ayam panggang, ayam bakar, ayam goreng, dipepes, ataupun disayur seperti opor ayam. Nikmat semuanya. Terlebih daging ayam dipercaya mengandung banyak protein hewani yang dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan badan manusia. Sebagai masakan yang disukai semua orang menjadikan bisnis ternak ayam potong marak di tanah air. 

Keuntungan Bisnis Ternak Ayam Potong

Permintaan yang tinggi akan daging ayam menjadikan bisnis ternak ayam potong broiler sangat berpeluang meraup untung besar. Kebutuhan daging ayam di Indonesia belum dapat dipenuhi para peternak lokal secara penuh.
Melihat kebutuhan yang sangat besar terhadap daging ayam di masyarakat membuat usaha ternak ayam sangat menjanjikan. Bisnis ternak ayam broiler sangat cepat untuk bisa dipanen, diperkirakan panen ayam sudah bisa dilakukan 21 hari hingga sebulan. Pangsa pasar terbuka luas. Pemasaran mudah dilakukan. Pendek kata, prospek usaha ternak ayam potong pada ketika ini sangat menguntungkan. Bahkan untuk masa depan. Cara pemasarannya bisa dibilang mudah. Bisa dijual ke pasar, restoran, pengepul, melalui bandar, kafe-kafe, pedagang KFC kaki lima dan lain sebagainya.

Resiko Usaha Ternak Ayam Ras Pedaging

Meski menjanjikan bukan berarti usaha ternak ayam potong ini pasti untung dan selalu sukses. Ada resiko kerugian juga. Seperti yang telah diungkapkan kepada penulis dari mantan peternak ayam potong. Inilah penuturannya. Dahulu saya beternak ayam potong dengan jumlah seribu ayam. Modal awal usaha yang dikeluarkan mencapai ratusan juta rupiah. Ini sudah termasuk gaji karyawan sebanyak empat orang, pembelian pakan ayam, biaya pembuatan sangkar ayam, pembelian bibit ayam broiler.

Berjalan waktu pada tahun 1998, ketika panen ayam harga ayam potong per ekornya jatuh sekali di level terendah. Sedangkan harga pakan ayam naik drastis sebab diimpor. Praktis usaha ternak ayam menderita kerugian besar hingga terpaksa ditutup. Peternak ayam broiler ini menyesali menanamkan uang dalam jumlah besar sekaligus pada bisnis ternak ayam potong. Seandainya ia beternak 200 ayam broiler dahulu maka ia takkan mengalami kerugian yang demikian besar.

Kerugian bisnis ternak ayam potong bisa saja terjadi. Misalkan banyak ayam broiler yang sakit lalu mati. Dan anda masih ingat beberapa tahun ke belakang ketika ramai wabah flu burung. Yang menjadi penyebab utama terjadinya flu burung yakni binatang unggas ayam. Sehingga banyak orang yang tidak mau makan daging ayam. Pada waktu terjadi fenomena flu burung banyak sekali para peternak ayam potong yang gulung tikar dan merugi hingga miliaran rupiah.

Akan tetapi, sekarang ini demam dan gosip flu burung sudah berangsur hilang. Sehingga usaha ternak ayam sudah menggeliat lagi. Banyak pengusaha ternak ayam broiler yang sukses. Saat ini merupakan waktu yang tepat bagi anda untuk beternak ayam potong yang berpotensi meraup untung besar. Terlebih lagi bila menjelang hari raya lebaran yang diperkirakan penjualan daging ayam melonjak tajam dan harga ayam potong naik per kilogram.


Pangsa Pasar Ternak Ayam Broiler

Berikut ini pangsa pasar ternak ayam broiler, antara lain:
  • Semua orang yang menyukai daging ayam.
  • Para pengusaha yang produksi masakan berbahan dasar daging ayam. Misalnya produk mie ayam, sosis ayam, chicken nugget dsb.
  • Pengusaha restaurant dengan menu ayam seperti ayam penyet, ayam geprek, fried chicken dll
  • Supermarket, rumah makan, warung makan, warteg, atau cafe dan lain sebagainya.
  • Penjual daging di pasar atau tukang sayur keliling.

Peluang bisnis beternak ayam potong broiler sangat menjanjikan membuat banyak pengusaha tertarik membuka bisnis peternakan ayam dari skala besar hingga kecil. Usaha bisnis ternak ayam broiler termasuk bisnis ternak unggas yang menguntungkan dalam waktu cepat. Masa panen ayam broiler terjadi di hari ke-21 atau satu bulan. Hal ini terjadi sebab ayam ras pedaging memiliki tingkat produktifitas tinggi. Jenis ayam yang paling unggul dari jenis ayam lain. Waktu panen singkat hanya satu bulan sehingga ROI (tingkat balik modal) nya tinggi. Dan juga harga per ekor ayam broiler atau perkilogram di pasaran cukup tinggi membuat usaha ternak ayam potong sangat menguntungkan.

Persiapan Usaha Ternak Ayam Ras Pedaging

Anda bisa memulai usaha ternak ayam ras pedaging dengan skala kecil dahulu. Yang penting kreatif dan keberanian memulai usaha ternak ayam broiler ini. Rintangan dan tantangan pasti akan dihadapi. Namun harus tetap ulet dan pantang menyerah agar bisa sukses dan berhasil.
Beberapa persiapan penting yang harus diperhatikan :

▪ Pembuatan kandang ayam
Cara dan tehnik pembuatan kandang ayam dibahas pada postingan terpisah, silahkan kunjungi artikel ini....

Rincian Biaya Pembuatan Kandang Ayam Broiler

Suhu dalam kandang yang ideal antara 32 celcius hingga 35 celcius. Posisi kandang yang bagus tidak melawan arah angin yang kencang atau bisa dilapisi dengan plasti pada sekeliling dinding kandang. Kandang ayam harus mendapat sinar matahari yang mencukupi, terutama saat pagi hari. Carilah lokasi yang jauh dari permukiman penduduk, karena dapat menimbulkan polusi udara. 

▪ Alas lantai
Jaga tingkat kekeringan lantai jangan sampai basah. Hindari dari bocornya atap terhadap air hujan yang masuk ke kandang. Buat alas lantai kurang lebih setebal 10 cm dengan bahan dari serutan kayu atau sekam/kulit padi yang dicampur dengan kapur secukupnya.

▪ Brooder
Brooder adalah alat bantu penghangat suhu yang sangat dibutuhkan oleh anak ayam kecil atau baru menetas dari telurnya.

▪ Tempat makan dan minum ayam
Pasang tempat makan dan tempat minum untuk ayam di posisi-posisi strategis agar terjangkau oleh seluruh ayam. Tempat makan/minum yang baik adalah yang kuat, tidak bocor dan tidak berkarat.

▪ Perlengkapan lain-lain
Sediakan perlengkapan dan alat kesehatan bagi ayam seperti alat suntik vaksin, pisau operasi, lampu penerangan, dll.

Cara Pemasaran Bisnis Usaha Ayam Potong

Strategi dan teknik pemasaran juga tak kalah pentingnya dalam aspek bisnis ternak ayam. Pemasaran ayam broiler dalam skala kecil bisa dilakukan juga melalui kerjasama dengan pengusaha pemotongan ayam, promosi lisan dari mulut ke mulut, jual langsung ke konsumen, pasar tradisional, warung kecil, pedagang sayuran dll.

Kelebihan Usaha Ternak Ayam Ras/Pedaging

Dalam setiap usaha pasti ada kelebihan dan kekurangan. Begitu pula dalam bisnis ternak ayam ras pedaging. Adapun keunggulan usaha ternak ayam broiler adalah bisa memperlihatkan penghasilan dalam jumlah besar bagi peternaknya. Sehingga banyak pengusaha ternak ayam broiler kaya raya dalam waktu cepat. Meskipun tingkat persaingan atau kompetitor bisnis ternak ayam ras sangat tinggi namun tetap menjanjikan karena supplai daging ayam di Indonesia masih lebih rendah dari demand/permintaannya

Kesimpulannya, usaha ternak ayam potong broiler merupakan bisnis ternak yang cepat mendatangkan keuntungan. Karena masa panen ayam broiler termasuk singkat sekitar satu bulan.

Kiat Sukses Beternak Ayam Broiler

Untuk menuju kesuksesan dalam bisnis ternak ayam potong ini harus disertai teknik dan pengetahuan khusus mengenai cara beternak ayam potong yang baik dan benar. Diperlukan keuletan, ketelatenan dan tatacara yang benar dalam peternakan ayam ini, seperti dalam memberikan takaran minuman dan makanan haruslah tepat, suhu ideal dan luas sangkar harus disesuaikan dengan jumlah ayam agar supaya ayam bisa tumbuh dan berkembang sempurna.

Bisnis yang berkaitan dengan barang bernyawa pasti mempunyai resiko tinggi dan rawan terhadap kerugian bila tidak diimbangi dengan ilmu dan teknik memelihara ayam broiler yang benar dan baik. Ada berbagai macam penyakit yang mengintai bisa menyerang ayam sewaktu-waktu bahkan berujung pada kemat1an massal. Salah satu contoh yang sudah pernah terjadi yaitu wabah flu burung yang dapat menghancurkan bisnis ternak ayam broiler sobat.

Tips tambahan :
Sediakan mesin penetas telur berkapasitas besar untuk penyediaan bibit ayam yang baru. Atau bisa juga menjual bibit ayam broiler hasil tetasan mesin tersebut dengan harga Rp 5000 per ekor sebagai pendapatan tambahan.

Salam Wirausaha ... Salam Sukses.

Iklan Tengah Artikel