Fungsi, Manfaat, Kandungan dan Cara Pakai Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 - Berusaha Bisnis

Latest

Inspirasi Usaha dan Bisnis

Monday, November 17, 2014

Fungsi, Manfaat, Kandungan dan Cara Pakai Pupuk NPK Mutiara 16-16-16



Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 adalah pupuk majemuk dengan kandungan pokok 16% Nitrogen (N), 16% Phospate (P2O5), 16% Kalium (K2O) berfungsi untuk mempercepat pembungaan dan pembuahan, serta terdapat unsur hara lain seperti Magnesium (MgO) dan Calsium (CaO) yang dibutuhkan oleh tanaman untuk menjaga keseimbangan unsur hara makro dan mikro pada tanah. Wujud pupuk ini yang umum beredar di pasaran berbentuk butiran granul warna biru dibuat agar mudah larut dalam air sehingga bisa dengan cepat diserap oleh tanaman. 


Manfaat Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 :

Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit pada tanaman, menjadikan tanaman lebih sehat, sempurna dan kuat, serta memacu pertumbuhan tanaman dan meningkatkan kualitas produksi bunga maupun buah.
Pupuk NPK Mutiara ini memberikan manfaat yang tergolong cepat berefek pada tanaman karena sebagian Nitrogen berbentuk NO3 (Nitrate) yang langsung tersedia bagi tanaman dan dapat membantu membantu penyerapan unsur hara Kalium, Magnesium, dan Kalsium sehingga dapat mempercepat proses pembungaan, pembuahan dan memacu pertumbuhan pada pucuk tanaman serta menekan serangan jamur dan penyakit.

Manfaat lain dari pupuk NPK adalah membuat daun tanaman lebih segar dan hijau yang akan mempermudah proses fotosintesis, Meningkatkan perkembangan akar, sehingga perakaran menjadi lebih sehat, kuat dan lebat sehingga membuat tanaman jadi lebih cepat tinggi. Membuat Batang menjadi besar, kuat dan kokoh sehingga meminimalisir resiko patah dahan dikarenakan terpaaan angin kencang ataupun beban berat dari buah. Tanaman akan tumbuh sehat dan dapat memaksimalkan produktifitas jangka panjang serta meningkatkan hasil produksi.

Keunggulan Pupuk NPK Mutiara :

  1. Berbentuk butiran homogen yang lebih mudah dalam penggunaan. 
  2. Kandungan unsurnya merata dan seimbang pada setap butirannya. 
  3. Sudah terbukti dan teruji selama puluhan tahun dalam meningkatkan produksi pertanian. 
  4. Hampir tidak ada efek negatif serta resiko dalam penggunaan dan pencampuran di lahan pertanian. 
  5. Pupuk NPK Mutiara bisa digunakan untuk semua jenis tanaman, mulai dari tanaman bunga, tanaman buah, tanaman sayur, tanaman pangan, tanaman palawija dan tanaman perkebunan dengan menggunakan pupuk ini.

Kandungan Umum Pupuk NPK Mutiara 16–16–16 :

  • N (Nitrogen) Sebanyak 16%.
  • P (Fosfat) Sebanyak 16%. 
  • K (Kalium) Sebanyak 16%. 
  • NO3 (Nitrate Nitrogen) Sebanyak 6,5%. 
  • MgO (Magnesium Oksida) Sebanyak 1,5%. 
  • CaO (Kalsium Oksida) Sebanyak 5,0%. 
  • NH4 (Ammonium Nitrogen) Sebanyak 9,5%

Cara penggunaan Pupuk NPK Mutiara 16–16–16 :

Sebagai Pupuk Tabur 
  1. Taburkan secara merata pada sekeliling perakaran tanaman, jangan terlalu dekat dengan batang. Lebih bagus lagi gali tanah dengan kedalaman kira-kira 3-5 centimeter lalu taburkan pupuk secara merata kemudian tutup lagi galian dengan tanah. 
  2. Untuk pot berdiameter 15-20 cm sebanyak 1 sendok teh. 
  3. Untuk pot berdiameter 30-75 cm sebanyak 1 sendok makan. 
  4. Pakai 1–2 minggu sekali.
Sebagai Pupuk Cair/Kocor
  1. Larutkan pupuk NPK 1 sendok makan kedalam 1 Liter air. 
  2. Siramkan pada sekeliling tanaman. 
  3. Pakai 1–2 minggu sekali.

Salam Wirausaha ... Salam Sukses.