Berapa Modal Awal Memulai Usaha Ayam Potong - Berusaha Bisnis

Latest

Inspirasi Usaha dan Bisnis

Tuesday, January 12, 2016

Berapa Modal Awal Memulai Usaha Ayam Potong

Kebutuhan ayam potong atau yang biasa dikenal dengan ayam broiler/pedaging sudah ada semenjak dulu, dan kita tahu permintaannya semakin hari semakin meningkat, hal tersebut seiring dengan meningkatnya konsumsi daging ayam bagi manusia terhadap usaha warung makan, restaurant, kafe, katering dan bahkan konsumsi untuk keluarga pribadi. Banyak sekali bisnis yang membutuhkan daging ayam sehingga usaha ayam potong ini merupakan peluang yang menjanjikan kalau anda ingin merintis dan memulai bisnis ini, anda akan berpotensi mendapatkan laba yang besar.

Apalagi pada momen-momen tertentu sepert hari lebaran harga ayam potong bisa melambung tinggi, per kilonya bisa menembus harga Rp. 60.000,-/kg padahal biaya produksinya hanya berkisar antara Rp. 250.000,- hingga Rp. 30.000,- per kilogramnya.
Meskipun usaha ini dulunya sempat banyak yang bangkrut ketika ramai wabah flu burung, namun sekarang hal tersebut tidak ada lagi, sehingga saat ini banyak pengusaha ayam potong yang bisa meraih sukses.

Panen Ayam Potong (majalahinfovet.com)

Memulai bisnis ternak ayam potong

Pembuatan kandang ayam

Pastikan dalam pembuatan kandang ayam mendapatkan sinar matahari dan suhu yang memadai agar ayam-ayam tumbuh sehat dan mampu bertahan hidup sampai waktunya panen. Buat sedemikian rupa agar kandang higienis, tempat kotoran mudah dibersihkan, ventilasi udara cukup, pasang lampu-lampu penghangat, tutup sekeliling kandang dengan plastik untuk melindungi terpaan angin kencang, bikin aman dari segala gangguan binatang pemangsa maupun serangga pengganggu untuk menghindari ayam stress.
 
Berikan perhatian yang ekstra,
Dalam waktu 14 hari pertama anda harus memberikan perhatian ekstra intensif pada ayam-ayam tersebut, karena pada fase ini ayam dalam masa adaptasi lingkungan maupun penyesuaian habitat maka rawan stress dan rentan terserang penyakit. Perhatikan juga suhu ruangan dalam waktu 14 hari pertama ini, kalau anak ayam banyak yang bergerombol itu berarti suhu ruangan kurang hangat, tapi kalau sudah mulai menyebar berarti suhunya pas namun juga jangan hingga terlalu panas. Perhatikan juga fasilitas sumberdaya listrik dan sumber airnya.

Setelah melewati masa 14 hari pertama maka tidak serumit penanganannya seperti sebelumnya, akan lebih mudah mengontrolnya bisa sehari 2 kali saja untuk melihat kebutuhan pakannya, hal ini terus dilakukan sampai masa panen tiba.

Berikan perawatan biar ayam tetap sehat,
Pemberian antibiotik dan vitamin pada minuman ayam diberikan mulai hari ke-5 hingga hari ke-10 sebelum masa panen. Lakukan vaksinasi pada ayam potong tersebut secara berkala pada hari ke-7, ke-14 dan ke-21.

Pemilihan bibit ayam

  • Tidak ada kotoran melekat pada duburnya. 
  • Tidak cacat 
  • Berasal dari bibit unggul 
  • Pertumbuhan dan perkembangannya berjalan normal 
  • Ukuran dan bentuk tubuh proporsional
  • Memilki nafsu makan yang baik

Kelebihan bisnis ayam potong

  • Potensi keuntungannya besar 
  • Banyak diminati orang 
  • Tidak membutuhkan waktu secara terus menerus 
  • Praktis dijalankan

 

Kekurangan bisnis ayam potong

  • Harus memilki keahlian dan teknik yang khusus 
  • Butuh perhatian yang ekstra seperti pemberian vitamin, makan dan minum 
  • Resiko terserang penyakit dan bahkan mat1.

 

Analisa Biaya

Modal untuk memulai bisnis ternak ayam potong ini relatif kecil berkisar antara 1 hingga 2 jutaan untuk skala rendah. Berikut gambaran perincian modal awal untuk memulai usaha ternak ayam potong skala kecil :
MODAL TETAP 
5 Buah sangkar ayam ukuran 3 x 3 m
10 buah daerah minum ayam
10 buah daerah makan ayam
4 buah lampu penerang
Total Biaya Tetap

MODAL TIDAK TETAP
200 ekor anak ayam
5 karung kosentrat (BR)
Obat-obatan
Biaya Listrik
Total Biaya Tidak Tetap

TOTAL MODAL

Rp.     300.000,-
Rp.       60.000,-
Rp.       40.000,-
Rp.       20.000,-



Rp.     100.000,-
Rp.     625.000,-
Rp.     100.000,-
Rp.       25.000,-






Rp.       420.000,-






Rp.      850.000,-

Rp.   1.270.000,-

Salam Wirausaha ... Salam Sukses.