Peluang Usaha Air Aqua Galon Dan Gas LPG - Berusaha Bisnis

Latest

Inspirasi Usaha dan Bisnis

Monday, July 2, 2018

Peluang Usaha Air Aqua Galon Dan Gas LPG

Jaman dulu masyarakat Indonesia banyak yang memakai air rebusan untuk diminum atau keperluan sehari hari seperti memasak. Namun cara itu justru memakan banyak waktu dan belum lagi materi bakar yang di gunakan untuk memasak juga habis banyak untuk merebus air saja. Berbeda bila dengan memakai air Aqua galon yang sanggup di beli di toko terdekat, meskipun harganya agak mahal, tapi air dijamin sehat dan aman untuk di konsumsi.

Selain menjual air isi ulang bisa juga berjualan Gas Elpiji, saya rasa Aqua Galon dan Gas LPG sangat cocok bila di jual secara bersamaan, alasannya adalah mengingat kedua barang tersebut merupakan kebutuhan yang harus selalu di beli oleh semua orang.


Kalau anda ingin memulai usaha berjualan Aqua Galon, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan antara lain :

1. Mencari Lokasi Usaha
Poin pertama ini menurut saya paling penting, karena lokasi yang di pilih bisa menentukan sukses atau tidaknya suatu bisnis yang akan di jalankan. Jika memulai bisnis menjual air galon Aqua dan Gas LPG, lokasi yang sempurna adlah di pinggir jalan, tidak hanya itu masih banyak hal yang peru di pertimbangkan seperti parkir yang luas, di pemukiman padat penduduk, akses jalan yang mudah atau paling tidak bisa dilewati oleh kendaraan beroda empat pick up, atau motor angkut roda tiga.

2. Persiapan Peralatan
Pembeli biasanya suka bila galon yang mereka beli diantar ke rumah, maka anda harus menyediakan kendaraan sebagai sarana kirim antar galon atau tabung gas. Atau bisa juga menyiapkan motor roda dua yang biasa/bekas dengan harga murah asalkan surat masih hidup dan kondisi motor masih layak pakai. Untuk motor roda 2 harus anda modifikasi dengan memakai rak besi yang di letakan di belakang supaya bisa membawa minimal 5 galon dalam sekali jalan.

Anda juga perlu mempunyai galon kosong terlebih dahulu sebelum membeli Aqua ke distributor langsung, untuk usaha skala kecil anda perlu menyiapkan 10 atau 15 galon kosong, dan 50 galon bila anda ingin menjadi agen. Galon tersebut bisa anda beli di distributor dengan harga kisaran Rp. 35.000, atau boleh juga cari galon bekas dari toko yang sudah tutup.

Peralatan lain yang tidak kalah pentingnya telepon/HP, untuk memudahkan pembeli menghubungi anda untuk mengantar galon ke rumah atau untuk berkomunikasi dengan distibuor secara langsung. Buatlah kartu nama dan berikan kepada orang yang beli, supaya di lain waktu mereka akan menghubungi anda untuk mengirimkan galon ke rumah mereka.


3. Mencari Pemasok Aqua Galon dan gas LPG
Untuk mendapatkan harga yang murah, tentu anda harus mencari pemasok berupa distributor atau agen besar. Jika anda tidak mendapatkan distributor, paling tidak cari saja agen yang selalu memasok Aqua galon dalam jumlah besar. Ciri-ciri distributor atau agen bisa anda lihat dari jumlah Galon yang di turunkan dari truk bermuatan besar.

Tapi harga agen dan distributor sangat berbeda, karena biasanya agen juga menerima pasokan dari distributor. Misalkan saja harga di distributor seharga Rp. 15.000, harga agen bisa saja naik sedikit menjadi Rp. 15.300. Tapi bila anda kulakan ke agen besar anda bisa negosiasi harga sampaikan anda ingin membeli dalam jumlah besar misalnya 50 galon.
Untuk mencari pemasok gas LPG/Elpiji selengkapnya SILAHKAN baca postingan yang ini :  CARA MEMBUKA USAHA BISNIS GAS ELPIJI  dan juga yang ini :   CARA MENJADI SUB AGEN GAS LPG 3 Kg. 

Keuntungan Usaha Aqua Galon dan Gas LPG

Sebelum anda tetapkan untuk memulai usaha ini, ada baiknya anda ketahui dulu laba dari berbisnis berjualan aqua galon dan Gas LPG. Aqua Galon ialah produk yang paling laku keras, tapi laba yang didapat sangat sedikit, jadi alangkah lebih baik bila anda menjual Aqua Galon ini sebagai sampingan di toko kelontong anda saja (Jika memiliki). Jadi untuk bisa mendapatkan laba yang besar adalah dengan main kuantitas menjual Aqua Galon sebanyak mungkin.

Sebagai contoh anda membeli air galon di distributor dengan harga Rp. 15.000, kemudian anda menjual kembali dengan harga Rp. 16.000. Keuntungan Rp.1.000 per galon. Jika anda bisa menjual 50 galon dalam sehari, laba yang anda peroleh adalah Rp.1.000 x 50 = Rp.50.000. Mungkin masih relatif kecil kalau hanya mengandalakan sumber ini saja, tetapi bisa di kompensasi dengan hasil laba dari penjualan barang lain di toko anda. Atau jika fokus pada bidang ini maka harus bisa memperbesar jumlah omzet harian dengan menjadi Agen, selengkapnya baca di sini : Cara Bisnis Menjadi Agen Gas Elpiji dan Persyaratannya.

Demikianlah pembahasan saya kali ini tentang Usaha air Aqua Galon dan Gas, dengan tujuan bisa menginspirasi anda dalam memulai suatu usaha yang akan anda jalankan.

Salam sukses...

Salam Wirausaha ... Salam Sukses.