Cara Praktis Membuat Pupuk Cair Sendiri Dari Pupuk NPK Phonska - Berusaha Bisnis

Latest

Inspirasi Usaha dan Bisnis

Thursday, December 29, 2016

Cara Praktis Membuat Pupuk Cair Sendiri Dari Pupuk NPK Phonska

Penggunaan pupuk cair pada tumbuhan memang sangat bagus dan bisa meningkatkan kualitas tanaman. Tetapi tidak banyak petani yang memakai pupuk cair ini sebagai pupuk tambahan mereka alasannya yaitu harga yang memang cukup mahal. Tetapi bagi anda yang sedang mengalami problem tersebut, tidak perlu kuatir karena sebenarnya kita dapatmembuat pupuk cair sendiri dengan bahan baku pupuk NPK Phonska dan ditambah dengan pupuk lainnya. Pada artikel kali ini akan memberikan sedikit tutorial mengenai cara membuat pupuk cair sendiri dengan mudah.

Penggunaan pupuk cair yang akan kita buat ini ditujukan untuk memupuk tumbuhan semusim, seperti tanaman cabai, dan sayuran lainnya. Dalam penggunaan pupuk cair ini, saya telah mencoba sendiri mempupuk tumbuhan cabai dengan larutan pupuk phonska dan pupuk lainnya dan hasilnya sangat bagus. Disamping hasilnya sangat bagus, kita juga lebih menghemat biaya dari pada harus membeli pupuk cair yang dijual dipasaran.

Sebelum memulai pembuatan pupuk cair ini sebaiknya anda tahu berapa takaran yang harus dipakai pada tumbuhan tersebut. Selain itu tata cara pemupukannya juga harus diperhatikan, nanti bisa anda simak penjelasannya di bawah ini...

Cara Membuat Pupuk Cair Sendiri Untuk Tanaman Semusim

Untuk membuat pupuk cair sendiri ini kita hanya membutuhkan pupuk anorganik berupa pupuk NPK Phonska, Pupuk KCL, dan pupuk SP-36. Berikut ini merupakan cara pembuatan pupuk cair sendiri dengan bahan pupuk anorganik.
  • Silahkan anda takar kira-kira 2 kg pupuk NPK Phonsksa, 1 kg pupuk KCL, dan 1 kg pupuk SP-36.
  • Kemudian larutkan semua materi tersebut dalam air bersih, anda bisa gunakan ember. Untuk takaran airnya kalau dengan perbandingan pupuk seperti di atas, gunakan air sebanyak 8 liter.
  • Aduk-aduk pupuk yang sudah dilarutkan sampai tercampur dan larut semuanya.
Dalam hal ini kita sudah berhasil membuat pupuk cair sendiri dan tinggal menggunakannya pada tanaman. Namun untuk takaran penggunaan pupuk cair ini harus tepat dan sesuai.

Cara Penggunaan Pupuk Cair Buatan

Setelah anda berhasil membuat larutan pupuk cair, maka saatnya menggunakannya pada tanaman semusim. Dalam hal ini yang saya coba yaitu tumbuhan cabai. Jadi untuk memakai pupuk tersebut, dari larutan yang dibikin di atas tadi hasilnya menjadi sekitar 8 liter pupuk cair. Itu tidak boleh langsung dipakai ya, tapi masih harus dicampur lagi dengan air. Kalau langsung kita gunakan untuk memupuk tanaman, maka bisa jadi tumbuhan akan mati karena kepanasan. Jadi harus diencerkan terlebih dahulu dengan air bersih. Berapa kira-kira takarannya? Berikut penjelasannya.
  • Untuk menggunakannya sebaiknya anda encerkan 1 liter pupuk cair tersebut dengan 20 liter air bersih.
  • Setelah itu anda pupukkan pada tumbuhan cabai dengan cara menyiramkannya pada bagian akar tanaman.
  • Gunakan pupuk cair ini setelah tanaman berusia sekitar 1 bulan keatas.

Sekarang anda sudah dapat membuat sendiri pupuk cair di rumah dan kalau penggunaan rutin yaitu minimalnya 2 bulan sekali, maka saya jamin tumbuhan cabai atau tumbuhan sayuran anda akan subur dan berkualitas hasilnya. 
Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Salam Wirausaha ... Salam Sukses.