17 Bisnis Pertanian Yang Cepat Untung, Laris, Modal Kecil - Berusaha Bisnis

Latest

Inspirasi Usaha dan Bisnis

Tuesday, July 17, 2018

17 Bisnis Pertanian Yang Cepat Untung, Laris, Modal Kecil

Bisnis pertanian menjanjikan keuntungan yang relatif besar bila dikelola dengan baik. Cukup banyak pengusaha di tanah air yang sukses menggeluti usaha di bidang pertanian. Sebut saja misalnya Bachtiar Karim yang memiliki usaha pertanian kelapa sawit. Pada kemudian ada Eddy Kusnadi Sariaatmadja dengan pertanian kopi dan kakao. Kemudian ada Peter Sondakh yang sukses berbisnis kelapa sawit. Terakhir ada Chairul Tanjung dan Murdaya Poo.

Bisnis pertanian sangat cocok dijalankan di wilayah pedesaan yang masih mempunyai lahan kosong yang luas dan mampu diberdayakan. Bahkan sudah ada banyak orang yang beralih membuka usaha pertanian mengingat bisnis pertanian sangat prospektif di masa depan. Usaha pertanian menjadi bisnis yang sangat menguntungkan di masa sekarang dan masa mendatang
.

17 Bisnis Pertanian yang Cepat Untung, Laris dan Modal Kecil

Berikut ini 17 bisnis pertanian yang cepat untung, laris, ringan modal yang perlu sahabat ketahui, antara lain:

1. Tanaman Sayuran Organik

Kebanyakan orang telah menyadari pentingnya memiliki gaya hidup sehat untuk mengkonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan tubuhnya. Seperti memakan sayur-sayuran. Namun tanaman sayuran yang mereka pilih yang lebih terjamin kesehatan yaitu sayuran organik. Inilah yang membuat peluang bisnis budidaya tanaman sayuran organik sangat menjanjikan untuk dijalankan saat ini.

2. Membuka Kios Toko Alat-Alat Pertanian

Penulis banyak menjumpai usaha toko alat alat pertanian di desa. Pada uumnya toko-toko pertanian tersebut menjual pupuk subsidi, bibit pohon tanaman buah-buahan dan sayur sayuran, mesin pertanian, alat-alat pertanian,  traktor, dan lain sebagai nya. Sama halnya di kota, bisnis toko alat-alat pertanian juga cukup menjanjikan. Mengingat di beberapa kota besar di Indonesia, sudah banyak orang yang bertani di lahan sempit yaitu memanfaatkan sepetak kebun atau pekarangan rumah.

Untuk memulai bisnis kios atau toko yang menjual peralatan dan perlengkapan pertanian tersebut tidak selalu harus dengan modal besar. Dengan modal kecil, anda bisa membuka usaha kios pertanian dengan cara menjadi reseller. Bahkan sahabat mampu membuka usaha toko alat-alat pertanian tanpa modal. Dengan cara menjalankan bisnis dropship. Sedangkan rincian modal usaha pertanian berupa alat komunikasi berupa smartphone dan alat untuk pembayaran berupa rekening bank atau pulsa.

Cara Membuka Usaha Toko Alat-Alat Pertanian Tanpa Modal
Sobat mungkin terheran dan bertanya-tanya bagiamana cara membuka usaha toko alat alat pertanian tanpa modal. Caranya sangat gampang, anda bisa menjadi seorang dropshipper. Untuk memulainya, sahabat mencari produk produk pertanian yang hendak dijual di sebuah toko online. Tawarkanlah kerjasama sistem dropship kepada pemilik toko online alat alat pertanian tersebut. Dengan senang hati, mereka pastinya akan mendapatkan proposal kerjasama anda.

Langkah selanjutnya, anda melaksanakan proses promosi produk produk pertanian melalui blog, media umum maupun market place. Jika ada orang yang memesan produk pertanian dari sahabat maka anda mampu menghubungi pihak suplier untuk mengirimkan produk pertanian tersebut kepada pihak pembeli atas nama anda. Kemudian lakukan transfer pembelian. Anda mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual kepada konsumen. Jangan diremehkan bisnis pertanian tanpa modal ini. Sebab banyak orang sukses dan kaya dari bisnis pertanian sebagai dropship dengan keuntungan hingga ratusan juta rupiah perbulan.

3. Usaha Jualan Benih Tanaman

Bisnis pertanian yang tidak bisa boleh dipandang sebelah mata lainnya yaitu usaha jualan bibit tanaman. Baik itu bibit tanaman buah-buahan, sayur sayuran maupun benih tanaman hias. Untuk memulai bisnis bibit tanaman, anda diharuskan menguasai metode pembibitan. Untuk sukses dalam usaha jualan benih tanaman, anda harus bekerja keras, fokus dan tekun. Pada pangsa pasar usaha bisnis bibit tanaman pertanian cukup besar yang meliputi perusahan pertanian dan semua petani di perkotaan maupun pedesaan terpencil untuk lahan mereka.

4. Mendirikan Toko Pertanian Online

Selain membuka toko alat-alat pertanian secara fisik, anda pun mampu membuka toko online pertanian yang meliputi jualan pupuk subsidi, pupuk vitamin dan nutrisi, perlengkapan pertanian, peralatan pertanian, bibit tanaman dan lain sebagainya. Bisnis toko online pertanian menjanjikan untung besar. Mengingat pangsa pasar yang sangat luas hingga ke seluruh dunia.

Untuk membuka toko online pertanian tidak membutuhkan modal besar. Bahkan tidak seperti ibarat halnya membuka toko pertanian secara fisik yang harus menyewa tempat usaha di lahan strategis dengan biaya sewa hingga jutaan rupiah perbulan. Kiat sukses bisnis toko pertanian online yaitu melaksanakan promosi sebanyak mungkin. Sehingga dapat menjaring sebanyak mungkin pengunjung tertarget dan merubahnya menjadi beberapa poin penjualan.

5. Membuka Kios Pupuk

Kios atau toko yang menyediakan keperluan pupuk bagi lahan pertanian merupakan bisnis pertanian yang cepat untung, laris, enteng modal terutama pada animo tanam. Setiap petani yang akan bercocok tanam di sawah atau di kebun pasti membutuhkan pupuk biar tanaman mampu berkembang secara baik. Biasanya satu orang petani menggarap lahan kebun atau sawah yang sangat luas sehingga membutuhkan banyak pupuk hingga ratusan kilogram perlahan bahkan hingga satu ton.

Peluang usaha inilah yang membuat bisnis jualan pupuk pertanian sangat menguntungkan dijalankan di desa dan kota. Untuk menambah penghasilan, sahabat mampu menjual alat pertanian lainnya ibarat semprotan, sekop, penyiram tanaman dan lain sebagainya. Untuk membuat bisnis kios pupuk pertanian lebih menjanjikan, sahabat mampu membuat sendiri pupuk kemudian memasarkannya ke beberapa kawasan di Indonesia. Bisnis toko kios pupuk pertanian selamanya akan ada selama para petani masih bercocok tanam di dunia ini.

6. Bisnis Tanaman Hias

Usaha berjualan tanaman hias masih merupakan peluang usaha populer dalam bidang pertanian. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis tanaman hias ini cukup besar. Mengingat pangsa pasar yang sangat luas. Bahkan beberapa tahun ke belakang beberapa jenis tanaman hias ibarat gelombang cinta, adenium, tanaman dolar dan bonsai pernah mengalami masa booming dan laris manis dengan harga jual yang sangat mahal.

7. Usaha Pengepul Padi

Membuka bisnis pertanian sebagai pengepul padi merupakan usaha yang mudah dijalankan dengan keuntungan cukup besar. Sobat hanya membeli gabah kering dari para petani. Satu kilogram padi kering sekitar Rp 5000. Kemudian padi kering yang anda beli tersebut dari para petani dan masyarakat dijual kembali kepada pabrik penggilingan padi skala besar atau ke kantor Bulog setempat dengan harga jual lebih tinggi dari harga beli.

8. Budidaya Rempah-Rempah

Bisnis pertanian lain yang tak kalah menjanjikan untung besar yaitu usaha bertani rempah rempah. Seperti jahe, cengkeh, lada, pala, ketumbar, bawang putih, bawang merah, seledri, dan lain-lain. Rempah rempah asli Indonesia disukai banyak orang dari dalam negeri dan luar negeri. Anda tidak akan kesulitan dalam menjual rempah rempah di pasaran. Sebab sudah banyak pengepul dan bandar yang siap mendapatkan hasil panen tanaman rempah rempah dengan harga yang cukup mahal.

9. Usaha Ekspor Impor Produk Pertanian

Sementara itu, masih banyak para petani di desa yang masih kebingungan untuk memasarkan produk pertanian mereka ke luar negeri. Padahal pasar luar negeri lebih menjanjikan ketimbang pasar dalam negeri. Sebab harga produk pertanian dijual sangat mahal di luar negeri dibandingkan di pasar domestik. Hal inilah menyebabkan peluang bisnis pertanian yakni usaha jasa ekspor impor produk pertanian sangat menguntungkan.

10. Konsultan Bisnis Pertanian

Saat ini sangat jarang bahkan bisa dikatakan tidak pernah ada sebuah tim konsultan yang mmberikan masukan bagi para petani mengenai tata cara menjalankan usaha pertanian yang menguntungkan dua kali lipat, cara bertani yang menghasilkan panen tiga kali lipat, dan hasil panen mampu cepat dipanen dan lain sebagainya. Inilah peluang bisnis bagi anda yang bisa anda ambil dengan membuka lembaga konsultan atau penyuluh bisnis pertanian. Peluang bisnis bidang pertanian ini sangat cocok dijalankan oleh sarjana pertanian yang memahami seluk beluk pertanian.

11. Usaha Bertani Mentimun

Salah satu jenis tanaman pertanian yang paling menguntungkan yaitu mentimun. Tanaman pertanian ini mudah sekali panen dalam waktu singkat. Dalam satu bulan sudah mampu panen. Hal ini menjadikan budidaya mentimun menjadi bisnis pertanian yang cepat untung, laris dan enteng modal. Anda tidak akan kesulitan dalam menjual mentimun. Karena produk pertanian ini disukai banyak orang untuk dimakan sehari hari.

12. Usaha Budidaya Sosin

Tanaman sosin merupakan jenis tanaman yang paling cepat panen lainnya. Dalam waktu kurang dari satu bulan, tanaman sayuran sosin sudah mampu dipanen. Anda mampu bertanam sosin di kebun kosong. Beberapa petani sosin mengakui penghasilan mereka dari usaha budidaya sosin mencapai puluhan juta rupiah perbulan atau sekali panen.

13. Blogger Niche Pertanian

Seiring dengan hadirnya internet dan dunia blog membuat lapangan kerja gres bertambah. Salah satu peluang usaha pertanian baru yang menguntungkan yaitu menjadi blogger dalam bidang pertanian. Anda mampu menulis beberapa artikel di blog mengenai pertanian meliputi cara bertanam sayuran, cara melaksanakan pemupukan yang benar, cara budidaya buah-buahan tertentu, cara budidaya sayur sayuran dan lain sebagainya. Informasi ibarat ini sangat dicari banyak orang. Setelah blog pertanian anda dikunjungi banyak orang maka anda mampu mengkonversi menjadi uang melalui monetisasi pemasangan iklan mandiri, menjual produk dan alat pertanian, menjadi publisher iklan dan lain-lain.

14. Usaha Jasa Buruh Pertanian

Usaha paling menguntungkan di pedesaan yaitu membuka jasa penyediaan buruh pertanian. Dengan lahan yang luas, seorang petani atau pemilik tanah akan kesulitan menggarap lahan mereka. Nah, anda bisa bekerjasama dengan mereka dalam rangka penyediaan tenaga kuli atau buruh petani. Tugas sahabat yaitu mengkoordinir para petani yang bersedia berhubungan dengan anda untuk bekerja dengan sistem komisi.

15. Usaha Tanaman Hidroponik

Peluang usaha pertanian hidroponik merupakan peluang bisnis populer yang digemari banyak orang ketika ini. Mengingat harga produk sayuran hidroponik lebih mahal ketimbang sayuran yang ditanam secara konvensional. Hal ini tak terlepas dari tanaman sayuran hidroponik lebih sehat, lebih bersih dan lebih enak untuk dimakan. Peluang wirausaha dalam bidang pertanian di Indonesia yang sangat menjanjikan ini sangat sayang untuk dilewatkan. Karena membuka usaha tanaman hidroponik termasuk bisnis pertanian yang cepat untung, laris, modal. kecil.

16. Usaha Bertani Bawang Merah dan Putih

Harga bawang merah dan bawang putih mengalami kenaikan yang cukup pesat terutama menjelang bulan Ramadhan. Bawang putih dan merah ini merupakan kebutuhan utama yang harus sedia di dapur sebagai bumbu olahan yang sangat enak. Hal inilah yang menyebabkan peluang bisnis dalam bidang pertanian yang cepat untung yakni budidaya bawang merah dan putih.

17. Usaha Bertani Cabai Merah Keriting

Penikmat makanan pedas sangat besar jumlahnya di Indonesia. Berbagai restoran dan rumah makan skala besar banyak menggunakan cabai merah keriting sebagai bumbu olahan. Sehingga ajakan sangat besar terhadap cabai merah keriting. Sedangkan persediaan terbatas. Inilah yang membuat harga cabai merah per kilogram sangat tinggi. Peluang bisnis pertanian bertani tanaman cabai merah keriting menjadi suatu peluang usaha yang sangat menjanjikan cepat untung, laris dengan modal kecil.

Salam Wirausaha ... Salam Sukses.