Cara Bisnis Menjadi Agen Gas Elpiji dan Persyaratannya - Berusaha Bisnis

Latest

Inspirasi Usaha dan Bisnis

Friday, June 15, 2018

Cara Bisnis Menjadi Agen Gas Elpiji dan Persyaratannya

Pada jaman sekarang ini gas elpiji dari pertamina sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Walaupun sudah ada pesaing seperti blue gaz tetap saja kebutuhan gas LPG pertamina laku keras mengalahkan para pesaingnya. Hal seperti itu tak lepas dari tabung gas LPG pertamina terutama yang berukuran 3 kg praktis dan mudah di bawa serta cara mendapatkannya sangat mudah. Anda dapat dengan gampang menjumpai aneka macam toko yang menjual gas 3 kg elpiji pertamina baik dari warung, toko, bengkel, rumah makan, dll.

Agen LPG 3 Kg Dijual
Bisnis berjualan gas elpiji 3 kg sangat menjanjikan. Disebabkan gas elpiji merupakan kebutuhan masyarakat modern sekarang ini sebagai keperluan bahan bakar memasak atau merebus. Usaha ini bisa dikombinasikan dengan jenis usaha apapun misalnya usaha gas elpiji dan aqua. Hal ini telah penulis lihat di beberapa tempat baik kota maupun desa terpencil. Dan usaha gas elpiji dan aqua laku keras. Hanya dengan waktu yang singkat, gas LPG ukuran 3  kg laris manis di pasaran. Penjualan terbaik gas elpiji diduduki urutan pertama jualan gas LPG 3 kg disusul Bright Gas 5 kg dan terakhir gas ukuran 12 kg.

Sebenarnya ada cara paling mudah untuk membuka usaha agen gas elpiji 3 kg yaitu dengan membeli agen LPG 3 kg yang dijual dengan alasan gulung tikar atau pindah tempat tinggal atau butuh uang dalam jumlah besar untuk biaya pengobatan dan lain-lain. Maka kalau anda menemukan orang yang menjual agen LPG 3 kg itu langkah terbaik bagi anda untuk membelinya dan praktis anda sudah membuka usaha agen gas elpiji pertamina tanpa perlu repot mengurus surat perijinan karena sudah dibuatkan sebelumnya.

Daftar Agen Gas Elpiji 3 Kg Bandung
Di berbagai tempat dan kota besar pastinya mempunyai agen gas elpiji pertamina seperti di kota Bandung, Jakarta, Surabaya, Cilacap dan kota besar lainnya. Dan jumlah biro gas elpiji 3 kg di kota Bandung jumlahnya masih belum banyak. Sehingga menjadikan peluang usaha menguntungkan membuka agen gas elpiji pertamina di Bandung dan kota besar lainnya. Walau persaingan usaha elpiji sudah ketat, membuka usaha jual gas lpg di kota masih sangat menjanjikan. Di karenakan pangsa pasar yang sangat besar dan terus membesar.

Anda bisa melihat daftar biro gas elpiji 3 kg di Bandung dan kota besar lain dalam jumlah banyak. Namun kuota agen gas masih dibuka oleh pihak Pertamina. Karena melihat jumlah penduduk kota yang semakin lama makin bertambah.

Kelebihan Bisnis Gas Elpiji

Lalu atas dasar dan alasan apa bisnis gas elpiji pertamina sangat menjanjikan dan menguntungkan disaat ini? Beberapa berikut ini adalah alasan yg membuat bisnis usaha gas elpiji memiliki prospek cerah di masa sekarang dan masa yang akan datang, antara lain yaitu :

1. Kebutuhan Pokok
Gas elpiji pertamina ukuran 3 kg, 5 kg dan 12 kg menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat sehari-hari. Jika mereka tidak mempunyai gas elpiji maka ia tidak bisa memasak di dapur kecuali ia memakai kayu bakar. Bahan bakar gas menjadi kebutuhan utama semenjak dilakukan kegiatan konversi minyak tanah ke gas elpiji di jaman pemerintahan SBY Kalla. Karena menjadi kebutuhan pokok membuat orang akan lebih mengutamakan untuk membeli gas elpiji pertamina ketimbang membeli kebutuhan sekunder dan tersier lain nya. Hal ini membuat usaha jualan gas LPG pertamina di Indonesia sangat laris manis.

2. Pangsa Pasar Luas
Kita dapat dengan mudah menjumpai gas-gas LPG berukuran 3 kg pada setiap dapur rumah tangga, kantor maupun perusahaan kecil dan menengah. Pengguna gas elpiji pertamina bukan hanya dari kalangan perorangan, rumah tangga tapi juga meliputi restoran, perusahan besar, industri kecil dan menengah dalam bidang makanan dan minuman, rumah makan dan lain sebagainya. Tentunya sebuah usaha yang berhubungan dengan masakan atau restoran membutuhkan pasokan gas elpiji dalam jumlah yang tak sedikit. Hal seperti inilah yang membuat usaha biro gas LPG menjanjikan memperoleh untung besar dengan sangat mudah.

3. Fleksibel
Berbisnis gas elpiji pertamina sangat fleksibel. Anda bisa membuka beberpa jenis usaha gas LPG, misal agen utama, sub agen atau pangkalan maupun pengecer. Namun yang paling menguntungkan  ialah menjadi agen gas elpiji. Karena daya serap pasar sangat tinggi bukan hanya dari pangkalan tapi juga pengecer dan konsumen pribadi yang kerap datang ke agen gas elpiji.



Jenis-jenis Usaha Gas Elpiji

1. Pengecer Gas Elpiji

Jika anda mempunyai modal kecil maka sahabat bisa membuka usaha sebagai pengecer gas elpiji. Cara ini cocok dan mudah dilakukan oleh siapapun. Pengecer gas menerima pasokan dari pangkalan atau sub agen. Kemudian menyalurkan langsung ke tangan konsumen. Adapun yang menjadi kelebihan dari pengecer gas ialah tidak adanya syarat khusus sebagaimana usaha pangkalan atau agen utama.

2. Pangkalan Gas Elpiji

Dan apabila anda memiliki modal uang dalam jumlah sedang maka mendirikan usaha sub agen atau pangkalan gas LPG yang bisa dipilih. Untuk menjadi pangkalan gas diharuskan mempunyai sebuah usaha berbadan hukum yang jelas. Tugas sub agen ialah menyalurkan gas elpiji ke tangan pengecer seperti kalangan warung, toko, restoran dan lain sebagainya. Pangkalan-pangkalan gas tersebut dapat memperoleh pasokan gas elpiji dari agen utama dengan penjualan kurang dari satu ton perhari.

3. Agen Gas Elpiji

Bila anda mempunyai modal uang yang cukup besar anda bisa memulai usaha sebagai agen gas dengan potensi keuntungan yang besar. Usaha agen gas atau agen utama yang masih sedikit pesaing.


Cara Menjadi Agen Gas Elpiji dan Persyaratannya

Berikut ini cara menjadi agen gas elpiji dan persyaratannya, antara lain:

  1. Mendaftarkan diri. Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan diri sebagai agen gas elpiji di tempat sobat. Caranya dengan mengakses situs resmi pertamina yaitu sppbe.pertamina.com. Silahkan di website resmi pertamina tersebut anda mendaftarkan diri sebagai biro utama di wilayah sobat.
  2. Mempunyai usaha yang berbadan hukum. Misalkan koperasi atau PT. Mengapa disyaratkan demikian? Karena nantinya calon agen gas elpiji akan membuat surat perjanjian usaha yang salah satu poinnya menyatakan kesanggupan untuk menjual satu ton lebih gas elpiji perhari.
  3. Melengkapi dengan dokumen-dokumen, antara lain:

    • Surat Perjanjian Kerjasama -- Di dalam surat ini dijelaskan mengenai kesanggupan anda menjadi mitra usaha pertamina sebagai agen gas elpiji dan siap menunjukkan jaminan modal uang.
    • SIUP --Selain itu, anda harus melengkapinya dengan Surat ijin usaha perdagangan atau SIUP, Surat Ijin Gangguan, Surat Tanda Daftar Perusahaan, dll. Untuk membuat surat dokumen tersebut, anda bisa mendatangi kantor dinas perijinan setempat.
    • Surat Rekomendasi --Surat yang dibuat oleh pemerintahan desa setempat yang menyatakan menunjukkan ijin dan rekomendasi untuk membuka usaha agen gas elpiji di wilayah sobat. Untuk membuat surat rekomendasi usaha agen gas LPG ini, anda harus meminta persetujuan tingkat RTdan RW sampai kelurahan.
    • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk --Tak kalah penting, anda harus melampirkan fotocopy KTP dan foto berwarna sebagai syarat pengajuan menjadi agen gas. Selain itu, sebagai pelengkap harus membuat surat pernyataan kepatuhan terhadap segala ketentuan dari Pertamina.

Setelah anda mendaftarkan diri sebagai usaha agen gas elpiji dengan persyaratan yang diminta seperti mempunyai badan hukum dan lokasi usaha maka selanjutnya pihak pertamina akan melaksanakan proses seleksi atau survey. Ada dua hal yang disurvey oleh pihak pertamina yang menentukan pengajuan agen gas disetujui atau tidak, antara lain:

▪ Lokasi Usaha
Untuk lokasi usaha agen gas elpiji pertamina disyaratkan memiliki luas paling sedikit 75 meter kali 68 meter. Lebih besar lokasi usaha maka lebih bagus. Lokasi usaha berada di tempat yang bagus seperti jauh dari tempat Sutet dan jauh dari kepadatan rumah warga masyarakat.

▪ Keuangan Perusahaan
Pihak Pertamina juga akan menilai kemampuan keuangan perusahan. Apakah keuangan usaha cukup besar atau tidak? Dilihat dari segi modal dan lokasi yang strategis.

Setelah melaksanakan survey kelayakan usaha agen gas LPG selanjutnya dalam waktu sekitar satu minggu dari proses pendaftaran, pihak pertamina akan menunjukkan pengumuman lewat email mengenai disetujui tidaknya pengajuan anda sebagai agen gas utama.

Itulah cara menjadi agen gas elpiji dan persyaratannya yang meliputi dokumen yang harus dilampirkan dalam pengajuan menjadi agen gas elpiji. Berdasarkan keterangan dari pihak Pertamina bahwa jumlah agen gas elpiji di Pulau Jawa sudah sangat banyak dan melebihi target. Jika anda mengajukan membuka usaha agen gas di Pulau Jawa maka akan sangat sukar disetujui. Sebab para pendaftar sudah banyak dan melampaui kuota. Namun bukan berarti kesempatan tertutup.

Peluang usaha jadi agen gas di pulau Jawa masih terbuka lebar. Karena kalau seseorang sudah menerima persetujuan ijin untuk membuka agen gas tapi dalam waktu enam bulan tidak mendirikan usaha agen gas tersebut maka bisa dilemparkan kepada orang lain yang telah mendaftarkan diri secara online. Hal ini berbeda kalau anda membuka usaha agen gas elpiji di luar Pulau Jawa yang masih jarang maka proses persetujuan akan lebih mudah.

Salam Wirausaha ... Salam Sukses.