Rahasia Cara Menjadi Sub Agen Gas Elpiji 3 Kg Pertamina - Berusaha Bisnis

Latest

Inspirasi Usaha dan Bisnis

Monday, July 24, 2017

Rahasia Cara Menjadi Sub Agen Gas Elpiji 3 Kg Pertamina

Peluang Usaha Sub Agen Gas Elpiji 3 Kg Pertamina - Negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia yang berada di urutan empat. Dengan jumlah bonus demografi yang luas tersebut, ada kekurangan dan kelebihan. Namun sebagai bangsa besar, kita hendaknya melihat keuntungan dari aspek demografi. Salah satunya pangsa pasar yang sangat luas. Sehingga beraneka macam jenis usaha seperti menjadi sub distributor gas 3 kg diharapkan bisa memperoleh keuntungan besar dari bisnis ini.

Kebutuhan akan gas elpiji 3 kg di masyarakat sangat besar. Hal tersebut tak terlepas dari kegiatan konversi dari materi bakar minyak tanah ke materi bakar gas. Dan sekarang masyarakat Indonesia sudah nyaman dan senang menggunakan bahan bakar gas yang lebih murah dan hemat dibandingkan bahan bakar minyak tanah yang harganya sangat mahal seiring dicabutnya subsidi oleh pemerintah.

Berdasarkan fenomena saat ini penggunaan bahan bakar gas terus bertambah seiring bertambah jumlah kepala rumahtangga. Namun kebanyakan orang lebih memilih menggunakan gas ukuran 3 kg alasannya harganya lebih murah dengan subsidi pemerintah ketimbang menggunakan gas LPG ukuran 5 kg dan 12 kg. Selain itu, gas 3 kg lebih mudah dibawa kemana mana dan dapat dibeli di berbagai macam tempat dengan sangat mudah.

Usaha Berjualan Gas Elpiji 3 kg Pertamina merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Bisa dikatakan bisnis gas LPG 3 kg tidak mengenal rugi karena selalu dibutuhkan, LPG gas 3 kg dicari banyak orang sepanjang waktu. Selama menekuni usaha gas elpiji melon, penulis tak pernah mengalami rugi dan kesulitan. Justru selalu untung. Jika barang tak habis terjual maka bisa di jual di waktu lain dengan harga jual yang cenderung naik seiring waktu berjalan.

Jika dilihat sekarang ini hampir semua rumahtangga baik di desa maupun kota sudah menggunakan bahan bakar gas. Sehingga penjualan gas elpiji ukuran 3 kg makin ramai. Sebagai pemula, anda bisa memulai usaha berjualan gas LPG 3 kg sebagai sub agen. Kemudian setelah modal usaha bertambah maka anda bisa membuka usaha sub distributor gas ukuran 5 kg dan 12 kg.

Prospek Usaha  Gas Elpiji dan Aqua
Dalam buku Rich Dad Poor Dad, Robert T Kiyosaki menggambarkan usaha gas elpiji 3 kg pertamina  sangat prospek. Salah satu cara cepat menuju sukses dan pensiun di usia muda yaitu berbisnis. Dan bisnis yang sangat menjanjikan yaitu usaha dalam bidang pertambangan. Seperti usaha gas elpiji 3 kg pertamina. Sebab pasokan gas alam sangatlah terbatas di muka bumi. Seiring bertambahnya waktu maka jumlah gas alam di dunia akan semakin menyusut, oleh karena itu harga gas elpiji selalu mengalami kenaikan seiring berkurangnya gas yang tersedia di alam.

Kenyataan telah mengambarkan dimana pada masa masa tertentu pasokan jumlah gas elpiji 3 kg tidak bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia sehari-hari. Sehingga terjadi kelangkaan gas elpiji 3 kg. Pada saat masa seperti ini harga gas elpiji melon mengalami kenaikan pesat hingga Rp 30 ribu per tabung.

Melihat potensi seperti ini keuntungan tinggi dan perputaran uang cepat, maka tak ada salahnya anda membuka usaha gas elpiji 3 kg baik sebagai pengecer, sub distributor maupun distributor gas. Anda bisa memilih jenis usaha gas tersebut diseuaikan dengan modal dan kemampuan. Untuk meningkatkan kemajuan usaha gas elpiji maka anda bisa menggabungkan dengan usaha aqua air galon isi ulang.

Modal Awal Menjadi Sub Agen Gas Elpiji 3 Kg
Jika anda mempunyai modal kecil maka usaha sebagai pengecer gas elpiji 3 kg pertamina bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena dengan modal uang sebesar Rp 700 ribu, anda sudah bisa membuka usaha pengecer dengan membeli tabung gas 3 kg sebanyak 6 buah yang sudah terisi. Andapun bisa mampu menerima pasokan gas elpiji dari pangkalan maupun distributor setempat dengan harga Rp 21 ribu. Kemudian anda menjualnya dengan harga Rp 25 ribu. Makara keuntungan pengecer gas 3 kg pertabung sebesar Rp 3000 hingga Rp 4000.

Namun jika bila anda mempunyai modal keuangan menengah maka anda bisa mengambil kesempatan emas dengan membuka usaha sub distributor gas elpiji 3 kg. Keuntungan usaha sub distributor lebih besar ketimbang usaha sebagai pengecer gas 3 kg. Sebanding dengan modal yang dikeluarkan. Begitupula usaha menjadi distributor gas elpiji 3 kg pertamina lebih menguntungkan ketimbang jadi pengecer dan sub agen. Tapi kelemahannya terletak pada modal usaha yang dibutuhkan sangat besar. Belum ditambah proses perijinan dan syarat pendirian distributor gas elpiji 3 kg lumayan sulit. Hal inilah yang membuat sebagian besar pelaku usaha memilih menjadi sub distributor gas 3 kg elpiji.

Proses pendirian sub distributor gas elpiji 3 kg lebih mudah dibandingkan membuka usaha agen/distributor gas elpiji 3 kg pertamina. Selain itu, modal yang dibutuhkan lebih ringan dan persyaratan dokumen lebih sedikit. Dengan anda membuka usaha sub distributor atau pangkalan gas elpiji 3 kg berarti anda telah menjalin kerjasama baik dengan PT Pertamina. Sehingga kalau ditanya orang mengenai di mana anda bekerja maka anda bisa menjawab saya bekerja di pertamina sebagai sub distributor gas 3 kg. Setelah melihat beberapa keuntungan membuka usaha sub distributor gas elpiji 3 kg maka mungkin anda bertanya bagaimana cara menjadi sub distributor gas elpiji 3 kg sekarang ini.


Cara Menjadi Sub Agen Gas Elpiji 3 Kg Pertamina

Berikut ini cara menjadi sub agen gas elpiji 3 kg di tahun 2018 :

1. Mengajukan permohonan menjadi sub distributor LPG setempat melalui surat resmi. Untuk mengetahui syarat-syarat dan ketentuan mendaftar menjadi sub agen gas elpiji 3 kg di  wilayah anda, sahabat bisa mengecek langsung ke lapangan.

2. Melengkapi dokumen persyaratan yang dibutuhkan meliputi fotocopy KTP, Fotocopy KK, TDP atau Tanda Daftar Perusahaan, SIUP atau surat ijin usaha perdagangan, surat keterangan ijin dan rekomendasi mendirikan usaha sub distributor atau pangkalan gas dari pemerintahan desa setempat, surat ijin gangguan atau HO, dll.

3. Menyiapkan modal usaha meliputi kendaraan pengangkutan gas berupa kendaraan beroda empat pick up, gudang penyimpanan gas LPG 3 kg yang ukuran dan luas sesuai standar yang ditetapkan oleh pihak PT. Pertamina.

Rincian Biaya Modal Usaha Pangkalan Gas 3 Kg

Adapun rincian biaya modal usaha sub distributor gas elpiji 3 kg atau pangkalan gas pertamina, antara lain:

▪ Belanja tabung gas 3 kg sebanyak 300 unit Rp 150 ribu x 400 = 60.000.000. Harga tabung gas LPG 3 kg kosong sebesar Rp 120 ribu. Sedangkan harga tabung plus isi 3 kg LPG sebesar Rp 150 ribu pertabung. Anda bisa membelinya  dari pihak distributor atau membeli tabung di usaha pangkalan gas yang bangkrut.

▪ Beli kendaraan bermotor berupa kendaraan beroda empat pick up atau truk harga Rp 100 juta

▪ Biaya perlengkapan usaha yang mencakup alat pemadam kebakaran

Total biaya modal usaha sub distributor gas 3 kg elpiji sebesar Rp 160 juta. Karena lokasi usaha sub distributor berada di depan rumah dan memanfaatkan garasi maka biaya sewa lokasi nol persen.

Harga jual gas elpiji 3 kg dari pihak distributor gas sebesar Rp 17000 per tabung seperti yang tertulis pada papan reklame. Dan anda bisa menjual kepada pengecer atau konsumen sebesar Rp 21 ribu. Maka dari satu tabung gas LPG 3 kg, anda dapat meraup untung sebesar Rp 4000. Misal dalam satu hari ada sekitar 25 tabung gas 3 kg yang terjual maka omset perhari sebesar Rp 100 ribu. Dikalikan satu bulan maka omset sekitar Rp 3 juta perbulan. Biasanya dalam satu hari, sebuah sub distributor atau pangkalan gas 3 kg bisa menjual lebih dari 25 tabung LPG melon.

4. Mendatangi Kantor Agen gas Elpiji 3 Kg
Setelah menyiapkan surat permohonan untuk menjadi pangkalan gas 3 kg beserta dokumen yang dibutuhkan secara lengkap serta mempersiapkan modal usaha yang ditentukan, berikutnya mendatangi distributor gas elpiji 3 kg pertamina di tempat anda yang terdekat. Utarakan niat secara baik dan terang mengenai permohonan pengajuan sebagai sub distributor di wilayah anda. Apabila kuota sub distributor masih tersisa maka anda bisa mengajukan surat permohonan menjadi sub agen beserta berkas yang diperlukan.

Langkah berikutnya, pihak distributor akan meminta alamat lengkap dan nama lengkap anda. Beberapa waktu kemudian, pihak distributor gas LPG 3 kg akan mendatangi lokasi usaha anda untuk menilai layak tidaknya dibuka usaha pangkalan atau sub distributor gas melon di wilayah anda.

Setelah pihak distributor menyatakan lokasi usaha layak dijadikan pangkalan gas elpiji maka selanjutnya anda akan menerima surat ijin operasional usaha sub distributor gas 3 kg. Setelah surat ini keluar berarti anda sudah resmi sebagai sub distributor/sub sgen gas LPG melon.

Untuk membuka usaha sub agen perlu dilakukan survei. Apakah di tempat anda sudah ada pangkalan gas 3 kg dan berapa banyak. Jika terlalu banyak tentangan lebih baik anda membuka usaha sub distributor di tempat yang masih jarang sub distributor gas 3 kg.

Setelah anda resmi menjadi sub distributor gas atau pangkalan gas 3 kg pertamina maka anda bisa mulai menjalankan usaha tsb. Dan Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan para pemilik warung atau toko di sekitar dalam penyediaan gas 3 kg elpiji. Seminggu dua kali biasanya distributor mengirimkan gas 3 kg kepada pihak pengecer secara khusus menggunakan kendaraan beroda empat pick up. Usahakan mendapat semakin banyak warung dan toko yang diajak kerjasama maka semakin besar pendapatan usaha sub distributor perhari.

Untuk mengantisipasi kelangkaan gas elpiji 3 kg, sub distributor atau pangkalan sebaiknya menyediakan 100 tabung 3 kg yang berisi sebagai stok cadangan di gudang. Hal tersebut biar pasokan gas 3 kg berjalan lancar terus menerus. Selain menjual isi gas 3 kg, anda pun bisa menjual tabung gas 3 kg yang kosong maupun yang sudah berisi bagi para pengecer gres atau pemula yang mau berwirausaha gas melon.

Salam Wirausaha ... Salam Sukses.