Rahasia Rincian Biaya Modal Membangun Ruko Dua Lantai untuk Usaha - Berusaha Bisnis

Latest

Inspirasi Usaha dan Bisnis

Friday, July 21, 2017

Rahasia Rincian Biaya Modal Membangun Ruko Dua Lantai untuk Usaha

Pembangunan dalam segala bidang merupakan proses tanpa henti. Salah satunya pembangunan ruko yang berkontribusi besar dalam aktivitas ekonomi. Pembangunan rumah toko marak di banyak sekali kota besar hingga pedesaan yang sedang berkembang. Seperti di kota Cimahi, Bandung, Jakarta dan kota besar lainnya yang setiap tahun tumbuh ruko ruko gres di banyak sekali sudut.

Keuntungan Membangun Ruko Dua Lantai
Di tengah sulitnya mendapatkan lapangan kerja gres maka berwirausaha merupakan pilihan bijak. Namun untuk memulai berwirausaha umumnya memerlukan lokasi berupa rumah toko di tempat strategis. Nah bila anda mempunyai lahan tanah di lokasi strategis mampu dibangun ruko sebagai alternatif tempat usaha sekaligus tempat tinggal.

Seperti contohnya yang sering di lakukan para pengusaha sukses akhir-akhir ini seringkali membangun ruko dua lantai sebagai tempat usaha sekaligus sebagai tempat tinggal. Dua keuntungan tersebut di dapatkan dari membangun ruko dua lantai di kawasan strategis.
modal bangkit ruko, biaya bangkit ruko, bangkit ruko, rumah toko, ruko dua lantai, usaha ruko, bisnis ruko

Keuntungan membangun ruko dua lantai sangatlah besar. Ruko mampu disewakan maupun dijadikan tempat usaha. Jika anda mempunyai lahan tanah yang kosong di pinggir jalan raya dan hendak dibangun ruko tentu anda akan berpikir lebih panjang dan bertanya tanya berapa biaya untuk membangun ruko dua lantai? Dengan lebih mengetahui rincian biaya membangun ruko dua lantai sangat bermanfaat bagi anda untuk mempersiapkan keuangan yang memadai. Jangan sampai hingga anda membangun ruko tanpa mengetahui perkiraan biaya yang matang yang dapat menjadikan kehabisan modal di tengah pembangunan rumah toko anda.

Investasi Ruko yang Menguntungkan
Ruko merupakan jenis bangunan yang sedang ekspresi dominan dan populer dikala ini. Banyak orang membangun ruko untuk kepentingan bisnis dan usaha sekaligus sebagai tempat tinggal. Sehingga seringkali ruko dibangun dua lantai. Lantai pertama sebagai tempat usaha. Dan lantai kedua dijadikan tempat tidur dan tempat tinggal yang sangat nyaman. Bangunan ruko sebetulnya hampir sama dengan bangunan rumah. Yang membuat beda yaitu letak pada ruko biasanya di tempat yang strategis, pinggir jalan dengan bangunan di lantai satu sebagai tempat usaha. Memang membangun ruko di peruntukan untuk buka bisnis usaha atau investasi.

Harga ruko memiliki nilai ekonomi lebih tinggi dari rumah biasa. Sehingga harga jual ruko lebih mahal dari harga jual rumah biasa. Hal seperti ini tak terlepas posisi ruko berada di tempat strategis dan mampu membuka usaha di dalamnya.

Tak sedikit investor yang mau menginvestasikan uang mereka pada sektor properti ruko. Harga ruko mengalami kenaikan pesat setiap tahun. Sehingga bisnis membangun properti ruko sangat menguntungkan dan cocok bagi pemula. Tak pernah ada istilah rugi dalam membeli dan investasi ruko.

Namun tetapi jika untuk membeli ruko untuk bisnis, usaha dan investasi memerlukan modal yang sangat besar. Pilihan alternatif yang lebih murah yaitu membangun ruko dua lantai di lahan sendiri. Atau membeli ruko secara kredit.

Rincian Biaya Modal Membangun Ruko Dua Lantai Untuk Usaha
Sebenarnya cara paling mudah mengetahui biaya membangun ruko dua lantai dengan bertanya eksklusif kepada kontraktor atau mandor buruh bangunan. Mereka mengetahui dengan terang biaya membangun ruko permeter persegi.

Untuk lebih terang berikut ini, rincian biaya modal membangun ruko dua lantai untuk usaha, antara lain:

Diumpamakan anda hendak membangun ruko dua lantai dengan panjang 10 meter dan lebar bangunan sebesar 6 meter. Maka biaya untuk membangun ruko dengan ukuran permeter persegi berdasarkan pengalaman dan ilmu pasti sebesar Rp 2 juta. Maka untuk mengetahui total biaya yang diharapkan untuk membangun ruko dua lantai dengan cara menghitung luas ruko dikali Rp 2 juta. Berikut yaitu perhitungannya:

Luas ruko sebesar 10 meter x 6 meter x 2 lantai = 120 meter persegi. Biaya membangun ruko permeter persegi sebesar Rp 2 juta maka modal biaya yang diharapkan untuk membangun ruko dua lantai dengan luas 120 meter persegi sebesar Rp 240 juta (120 meter persegi x Rp 2 juta). Itulah gambaran bergairah perhitungan biaya modal membangun ruko dua lantai. Namun bila anda ingin detail rincian biaya modal membangun ruko dua lantai untuk usaha dengan cara menghitung biaya satuan.

Cara menghitung biaya membangun ruko berdasarkan per meter persegi mendekati kebenaran. Anda mampu menggunakannya untuk menghitung biaya membangun rumah, tempat tinggal, toko, kios, kost kostan dan lain sebagainya. Patokannya luas bangunan dikalikan Rp 2 juta permeter persegi.

Perhitungan biaya membangun ruko dua lantai per meter persegi sebesar Rp 2 juta sebetulnya juga tidak pasti. Sebab semua itu tergantung kualitas materi yang digunakan. Apabila memakai materi bangunan berkualitas terbaik dengan aneka aksesoris maka biaya bangkit ruko permeter persegi lebih tinggi. Dan apabila materi bangunan yang digunakan berkualitas rendah atau standar maka biaya bangkit ruko lebih murah permeter persegi.

Sementara itu, biaya bangkit ruko 2 lantai berdasarkan luas permeter persegi sebesar Rp 2 juta tidak baku. Karena itu tergantung harga materi bangunan di kawasan tersebut dan ongkos pekerja bangunan. Biaya standar membangun ruko permeter seharga Rp 2 juta sudah meliputi pembelian materi bangunan dan upah buruh bangunan.

1. Bahan bangunan meliputi semen, pasir, besi beton, kerikil bata merah, plafond gypsum, genteng atap, tiang pancang dll

2. Upah tukang bangunan sekitar Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu perhari.

Jenis Usaha yang Cocok di Ruko
Anda tentu mengenal ruko yang abreviasi dari rumah toko. Dari istilah ini terang bahwa ruko sebagai rumah tempat tinggal sekaligus tempat usaha. Saat ini sangat mudah kita menjumpai ruko di banyak sekali sudut kota, tempat dan sudut desa yang berada di pinggir jalan. Ada banyak sekali jenis usaha yang dijalankan di sebuah ruko.

Berikut ini jenis usaha yang cocok dan menguntungkan di ruko, antara lain:

▪ Usaha jual produk
Contoh usaha jualan produk di ruko menyerupai apotek, minimarket, jualan produk dan perlengkapan olahraga, warung atau toko sembako, warung atau toko kelontongan, toko materi bangunan, toko alat bangunan, usaha jualan pulsa elektrik, jualan alat tulis kantor, usaha percetakan digital, toko elektronik, toko pakaian, toko sepatu, toko tas dan busana muslim dan lain sebagainya. Lantai satu dijadikan tempat usaha jualan barang. Sedangkan lantai dua sebagai gudang atau tempat tinggal yang nyaman.

▪ Usaha Jual Jasa
Jenis usaha lain yang cocok dijalankan di ruko yaitu usaha dalam bidang jasa. Misalnya usaha warnet, usaha pangkas rambut, jasa ekspedisi pengiriman, jasa broker properti dan lain sebagainya. Adapun ruko yang dijadikan tempat usaha warnet sangat menguntungkan. Pastikan kondisi ruko warnet nyaman dengan harga jasa warnet perjam lebih murah dari kompetitor dan spesifikasi komputer sangat cepat, dilengkapi scanner dan printer dll. Anda mampu membuka usaha tambahan menyerupai jualan makanan dan minuman ringan.

▪ Usaha Kuliner
Jenis usaha yang cocok dan menguntungkan di ruko lainnya yaitu membuka tempat makan atau bisnis kuliner. Karena usaha kuliner selalu diharapkan orang. Makan merupakan kebutuhan dasar manusia. Untuk meningkatkan penjualan, anda mampu melaksanakan promosi offline dan online. Misalkan mendaftarkan usaha masakan sahabat di google map. Go food, marketplace, forum dll.

Pada ruang lantai satu dapat di gunakan sebagai dapur dan mendapatkan orderan sekaligus tempat makan atau hangout. Sedangkan lantai dua dipakai sebagai gudang atau menyimpan stok. Konsep usaha masakan di ruko mampu juga lantai satu sebagai tempat makan sepenuhnya, sedangkan lantai dua dipergunakan sebagai dapur. Konsep lain mampu juga anda menggunakan lantai atas sebagai tempat tinggal karyawan. Sehingga usaha masakan di ruko mampu 24 jam.

▪ Bisnis Sewa Ruko
Cara lain anda mampu menjadikan ruko untuk disewakan kepada orang lain. Cara ini paling mudah menghasilkan uang. Apalagi letak ruko berada di tempat sangat strategis menyerupai pinggir jalan yang ramai oleh lalu lintas insan dan memiliki lahan parkir yang luas. Pastinya akan laris disewa. Pendek kata, anda mampu membangun ruko dua lantai untuk usaha dengan fokus untuk disewakan.

Ide Bisnis di Ruko
Jika anda ingin membuka usaha di ruko tanpa modal maka caranya sangat mudah. Anda mampu mengajak pemilik ruko untuk berafiliasi dengan anda dalam membuka usaha. Anda mampu membayar biaya sewa ruko setelah usaha di ruko menguntungkan.

Pada dasarnya semua jenis usaha di ruko sangat menjanjikan untung besar. Ada banyak wangsit bisnis di ruko. Cara paling mudah yaitu melihat banyak sekali usaha ruko kecil di sekitar anda. Ada ruko jualan es juice, jualan buah-buahan, ayam goreng, usaha ruko toko materi bangunan, ruko jasa pengiriman barang, warnet, ruko toko plastik, apotik, jualan aksesoris hp, jualan pulsa, toko kelontongan dan lain sebagainya.

Namun untuk membuka usaha yang sukses dan laris di ruko tidak mudah. Ada banyak pesaing. Berikut ini tips sukses menjalankan sebuah usaha di ruko, antara lain:

1. Memiliki tempat parkir yang luas dan gratis. Ini untuk membuat konsumen nyaman

2. Pelayanan diberikan secara ramah, sopan dan murah senyum

3. Harga yang ditawarkan lebih murah sedikit dari kompetitor. Namun kualitas barang lebih mengagumkan atau sama dari pesaing

4. Promosi dilakukan gencar melalui media online dan offline

5. Sediakan pengiriman gratis ke lokasi terdekat via telepon.

Salam Wirausaha ... Salam Sukses.

No comments: