Rahasia Rincian Biaya Modal Usaha Vas Bunga Sampai Buka - Berusaha Bisnis

Latest

Inspirasi Usaha dan Bisnis

Wednesday, October 31, 2018

Rahasia Rincian Biaya Modal Usaha Vas Bunga Sampai Buka

Peluang usaha industri kreatif secara  rumahan  atau home industri merupakan salah satu jenis usaha yang populer dan banyak diminati para pelaku bisnis saat ini, terutama kawula muda. Dikarenakan pangsa pasar luas dan modal usaha yang dikeluarkan cukup kecil. Namun potensi keuntungan lumayan besar. Salah satunya usaha kerajinan tangan membuat vas bunga. Anda bisa mendirikan  bisnis pembuatan kerajinan tangan vas bunga secara sampingan dan rumahan dengan prospek yang sangat cerah. Salah syarat utama menekuni usaha vas bunga yakni sobat harus memiliki keterampilan dalam membuat vas bunga. Semua itu bisa dipelajari lewat buku, majalah, surat kabar, media online dan media lainnya yang membahas wacana cara membuat vas bunga yang unik dan menarik.


Peluang Usaha Industri Rumahan Vas Bunga

Ada banyak macam macam vas bunga yang bisa kita temui. Seperti vas bunga beling bening, vas bunga beling minimalis, vas bunga Kristal, vas bunga plastik dan  vas bunga dari materi daur ulang. Semua jenis vas bunga tersebut memiliki bentuk yang unik dan menarik yang dijual dengan harga paling mahal hingga murah. Permintaan vas bunga di Indonesia sangat tinggi. Sehingga usaha vas bunga laku keras setiap hari. Dan berdasarkan pengalaman, usaha vas bunga mengalami masa laris ketika menjelang hari raya lebaran idul fitri dan idul adha.

Jika sobat mempunyai keahlian dan kreatif dalam membikin vas bunga yang unik dan menarik dari banyak sekali jenis bahan yang ada seperti plastik, kristal dan beling maka sangat sempurna untuk membuka bisnis usaha bidang kerajinan vas bunga  sebagai produsen sekaligus supplier. Usaha home industri modal kecil ini sangat menjanjikan untung besar seiring dengan peermintaan akan vas  bunga sangat tinggi dan  hadirnya teknologi internet yang bisa menjangkau pangsa pasar ke seluruh dunia menggunakan media online, medsos, komunitas online, dll.

Salah satu usaha vas bunga yang bisa anda jalankan yakni membuat produk home indusrti berupa vas bunga yang cantik, unik dan menarik dari barang bekas. Vas bunga dari barang bekas memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi dan dapat dijual dengan harga mahal serta turut serta mengurangi limbah alam. Hasil karya kerajinan vas bunga buatan tangan anda bila menarik dan unik pastinya bukan hanya akan dihargai dari dalam negeri tapi juga dari  luar negeri.

Anda bisa saja membuka usaha kerajinan vas bunga tanpa memiliki keterampilan membuat vas bunga. Caranya dengan merekrut tenaga kerja yang berpengalaman dan handal dalam menciptakan berbagai model vas bunga dari bahan tertentu. Kemudian yang menjadi pertanyaan sekarang, berapa sih biaya modal usaha untuk membuka bisnis vas bunga secara rumahan ?

Rincian Biaya Modal Usaha Vas Bunga hingga Buka

Bagi anda yang berminat untuk membuka usaha kerajinan tangan vas bunga, berikut ini rincian biaya modal usaha vas bunga hingga buka yang mesti anda persiapkan, antara lain:

1. Belanja bahan baku seharga Rp 3 juta
2. Upah karyawan 3 orang  x Rp 1 juta = Rp 3 juta
3. Biaya promosi Rp 400 ribu
4. Biaya lain-lain Rp 600 ribu

Total perkiraan biaya modal usaha vas bunga hingga buka sebesar Rp 7 juta. Harga di atas tidak baku tergantung  kondisi harga setempat. Maka jika anda bisa menjual vas bunga dengan sebanyak 10 buah perhari dengan harga jual vas bunga unik sebesar Rp 100 ribu per buah  maka keuntungan yang anda dapatkan sebesar Rp 1 juta perhari. Dalam sebulan  anda memperoleh omset kotor sebesar Rp 30 juta. Perkiraan balik modal dalam kurun waktu kurang dari 10 bulan. Bagaimana anda tertarik membuka usaha vas bunga bagus secara rumahan dengan modal kecil?

Tips Sukses Usaha Vas Bunga Home Industri

Tips untuk membuatkan bisnis usaha vas bunga menjadi lebih menguntungkan dan membuat laris manis tentu itu semua tidak gampang terutama bagi kalangan pemula. Jika anda telah membuka usaha vas bunga dengan modal kecil, inilah beberapa  tips sukses usaha vas bunga yang bisa diterapkan pada  bisnis vas bunga anda sehingga sukses, antara lain:

▪ Menjaga Kualitas
Selain memiliki tampilan yang unik, bagus dan menarik dipandang pastikan vas bunga yang anda hasilkan berkualitas baik dan awet. Sehingga tidak mengecewakan konsumen. Justru konsumen merasa puas atas produk vas bunga yang anda produksi. Yang kemudian mereka menjadi pelanggan tetap dan merekomendasikan produk vas bunga buatan anda ke orang-orang di sekitar mereka.

▪ Inovasi
Jika anda memproduksi vas bunga dengan model yang sama maka bisa membuat jenuh konsumen dan pelanggan anda. Salah satu kiat sukses usaha vas bunga yakni senantiasa melaksanakan banyak sekali inovasi. Misalkan vas bunga dari bahan kaca minimalis, vas bunga dengan model Kristal, vas bunga dari bahan  plastik, keramik berkelas dan lain sebagainya. Dengan membuat banyak variasi dan model pada vas bunga membuat calon konsumen mempunyai beragam pilihan dan tidak terpaku dengan produk vas bunga yang ada.

▪ Harga Terjangkau
Dengan banyaknya jenis dan model vas bunga yang anda buat menyerupai vas bunga dari kaca, plastik dan Kristal membuat konsumen banyak pilihan. Dan toko vas bunga anda terkesan lebih lengkap. Dengan demikian, sobat bisa menjual vas bunga dengan banyak sekali variasi harga dengan target pasar yang dibidik. Jika anda membidik kalangan menengah ke bawah pastikan harga vas bunga plastik atau kaca murah meriah dimulai dari harga Rp 50 ribu perbuah. Jika apabila anda membidik pada kalangan menengah ke atas maka harga jual vas bunga minimalis Kristal atau kaca bisa mencapai hingga Rp 600 ribu perbuah.

▪ Pantang Menyerah
Dalam menjalankan usaha vas bunga tidak selalu mulus. Kadangkala banyak sekali hambatan dan kendala anda jumpai dalam menuju usaha vas bunga yang menguntungkan dengan omset besar. Misalkan penjualan vas bunga sedang sepi, karyawan bab produksi keluar, modal usaha vas bunga yang kurang dan lain sebagainya. Namun semua itu jangan membuat anda mengalah lalu berhenti menggeluti usaha vas bunga. Semua hambatan dan rintangan tersebut bisa anda carikan solusinya dengan bijak dan tepat. Sehingga membuat bisnis usaha vas bunga anda selanjutnya bisa laris manis dengan keuntungan fantastis.

Cara Memasarkan Vas Bunga dengan Mudah

Inilah bagian terpenting dari bisnis setelah bisa memproduksi vas bunga dalam jumlah besar yaitu tentang pemasaran atau penjualan. Komponen ini sangat penting alasannya yakni menentukan keberhasllan  usaha vas bunga di masa sekarang dan masa depan. Pada dasarnya, cara memasarkan dan menjual vas bunga banyak sekali pilihannya. Berikut ini cara memasarkan vas bunga bagi pemula yang mudah dan  menguntungkan, antara lain:

1. Lingkungan terdekat. Anda bisa memulai menjual dan memasarkan vas bunga dari lingkungan sekitar. Misalkan sobat menunjukkan vas bunga ke tetangga, anggota keluarga, teman, sahabat, rekan kerja dll. Jika produk vas bunga berkualitas bagus dengan penampilan bagus dan menarik serta harga terjangkau maka mereka akan senang hati membeli vas bunga dari anda

2. Jual Langsung. Selain menjual pribadi vas bunga buatan anda ke orang-orang terdekat di sekitar maka anda bisa menjual vas bunga ke orang lain lebih jauh lagi. Cara yang digunakan bisa membuka toko vas bunga di lokasi strategis seperti di pinggir jalan raya yang ramai, dekat pusat perbelanjaan dll. Anda bisa juga berkeliling menggunakan sepeda motor, kendaraan beroda empat terbuka atau jalan kaki dari satu kawasan ke kawasan lain untuk memasarkan vas bunga secara door to door

3. Pemasaran online. Cara yang paling efektif untuk memasarkan  barang kerajinan seperti vas bunga di jaman now adalah menggunakan media sosial. Misalkan facebook, twitter, line, bbm, whatsapp, instagram, dan media umum lain sebagainya. Selain itu bisa memanfaatkan forum-forum bisnis online yang banyak pengunjung perhari kayak kaskus dan ads id. Pada forum tersebut, sobat bisa memperkenalkan usaha vas bunga yang anda tekuni sebagai produsen dan supplier. Tawarkanlah bisnis anda dengan kerjasama yang saling menguntungkan ke anggota forum sebagai reseller atau dropship dari usaha vas bunga yang anda miliki.

Hal lain yang tidak boleh dilupakan dalam pemasaran vas bunga online harus memanfaakan marketplace seperti olx, bukalapak dan tokopedia. Untuk mulai berjualan vas bunga di bukalapak, tokopedia dan shopee sangat gampang dan gratis. Anda tinggal mendaftar dan melaksanakan konfirmasi keanggotaan. Selanjutnya membuat toko online vas bunga dengan gambar  yang unik, menarik dan jelas. Untuk marketplace bukalapak dan tokopedia menyediakan layanan rekening bersama sehingga bisa menghindarkan kerugian bagi pembeli atau penjual. Berikanlah harga diskon bila pembeli melaksanakan pembelian vas bunga dalam jumlah banyak atau untuk dijual lagi.

4. Sistim konsinyasi. Cara lain yang bisa anda tempuh yakni menitipkan vas bunga anda kepada para pedagang keliling kerajinan tangan atau perabot rumah tangga. Jangan berat hati untuk memberikan komisi yang cukup besar setiap terjadi penjualan vas bunga. Misalkan harga jual vas bunga plastik sebesar Rp 100 ribu perbuah maka bila terjual sang pedagang keliling memperoleh komisi 20 persen atau Rp 20 ribu.

Baik sobat, mungkin itu dulu saja sharing dari saya tentang Perkiraan Modal Usaha Bikin Vas Bunga, semoga bisa memberi manfaat untuk sobat sekalian. Terimaksih.

Salam Wirausaha ... Salam Sukses.