Rahasia Cara Memulai Usaha Tanaman Hias yang Menguntungkan, Modal Kecil - Berusaha Bisnis

Latest

Inspirasi Usaha dan Bisnis

Thursday, August 17, 2017

Rahasia Cara Memulai Usaha Tanaman Hias yang Menguntungkan, Modal Kecil

Salah satu jenis bisnis yang potensial untuk dikembangkan di Indonesia yakni usaha dalam bidang agribisnis atau pertanian. Hal ini tak terlepas dari negara Indonesia dikaruniai tanah yang subur, luas dan disebut pula surga dunia. Salah satu jenis bisnis pertanian yang potensial yakni usaha tanaman hias. Usaha ini menjanjikan keuntungan walau dengan modal kecil. Untuk sukses dalam bisnis tanaman hias tentu anda harus menyenangi atau hobi akan bertanam hias terlebih dahulu. Selanjutnya persoalan penjualan dan pemasaran menyusul bisa dipelajari.

Analisis Usaha Tanaman Hias
Hal menyenangkan tentunya jikalau suatu hobi bisa dijadikan ladang menghasilkan uang. Banyak orang yang berhasil menjadikan hobinya sekaligus sebagai mesin penghasil uang. Baik itu dalam bidang desainer, penulisan, pertanian, perkebunan, perikanan ikan hias dan lain sebagainya. Jika anda hobi bertanam dan merawat tanaman hias maka tak ada salahnya anda menjadikan hobi anda tersebut untuk menerima uang dalam jumlah besar yaitu dengan membuka usaha tanaman hias. Keuntungannya ganda, hobi anda tersalurkan dengan baik sekaligus bisa menerima uang yang cukup besar secara konsisten.

Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan bahwa bisnis tanaman hias masih jarang pesaing atau belum banyak pesaing baik di kota maupun di desa. Hal inilah yang membuat bisnis tanaman hias sangat menjanjikan untuk dijalankan ketika ini. Apalagi seiring dengan kehadiran internet, usaha berjualan tanaman hias bisa dilakukan secara mudah dan online menggunakan toko online tanaman hias. Ada banyak pelaku usaha tanaman hias sukses dan kaya dengan keuntungan sampai puluhan juta rupiah dari bisnis toko online tanaman hias.
usaha tanaman hias, bisnis tanaman hias, bisnis tanaman, usaha tanaman, tanaman hias, bisnis bunga

Pangsa pasar bisnis tanaman hias sangat besar. Meliputi kalangan anak sekolah, ibu rumahtangga, perusahaan dan lain sebagainya. Pada waktu kenaikan kelas seringkali anak sekolah diwajibkan untuk membawa tanaman hias untuk dipelihara dalam halaman sekolah. Sekaligus mencar ilmu kepada para siswa untuk menghijaukan lingkungan. Begitupula pada even-even tertentu, perusahaan mengadakan pembagian tanaman hias gratis bagi karyawannya semoga para karyawan lebih ramah dan mencintai lingkungan hidup yang alami dan asri dengan tumbuhan hijau.

Bisnis Tanaman Hias yang Menguntungkan
Berikut ini jenis-jenis bisnis tanaman hias yang menguntungkan, antara lain:

1. Bisnis tanaman hias kaktus
2. Bisnis tanaman hias mawar
3. Bisnis tanaman hias anggrek
4. Usaha tanaman buah
5. Bisnis bunga hidup
6. Bisnis bunga hias plastik

Jika anda berminat untuk membuka bisnis dan usaha tanaman hias di atas, berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan sebagai rincian biaya modal usaha tanaman hias, antara lain : pengetahuan wacana cara merawat tanaman hias yang baik dan benar, keterampilan menjual tanaman hias, gaji karyawan, peralatan usaha tanaman hias, lokasi usaha yang strategis dll.

Cara Memulai Usaha Tanaman Hias yang Menguntungkan, Modal Kecil
Bukan berarti jikalau anda menekuni bisnis tanaman hias eksklusif berhasil. Semua itu tergantung beberapa faktor ibarat faktor kemampuan, keberuntungan, kerja keras, kecerdikan dll. Ada banyak pengusaha tanaman hias yang sukses dan jadi jutawan. Dan lebih banyak lagi para pengusaha tanaman hias pemula yang gagal menjalankan usaha ini. Mereka melarat di tengah jalan. Oleh karena itu, anda perlu menghindarinya. Dengan cara mengetahui tips trik dan fatwa bisnis ini. Inilah diam-diam sukses cara memulai usaha tanaman hias yang menguntungkan, modal kecil yaitu:

1. Bekal pengetahuan yang memadai wacana bisnis tanaman hias dan seluk beluknya
Bagi seorang pemula mungkin mencicipi kesulitan untuk menjalankan bisnis tanaman hias di awal usaha. Oleh karena itu, seorang pemula dalam bisnis tanaman hias diharuskan untuk membekali diri dengan pengetahuan usaha tanaman hias yang bisa didapatkan di buku pertanian, majalah, internet dan lain sebagainya yang membahas wacana usaha pertanian ini. Namun seiring berjalan waktu, percayalah bertambah pengalaman dan pengetahuan maka bisnis tanaman hias bisa menjadi mudah dan menguntungkan.

Salah satu penyebab pelaku usaha bisnis tanaman hias mengalami kegagalan di awal usaha dikarenakan pengetahuan yang mereka miliki wacana seluk beluk tanaman hias sangat kurang. Sehingga ketika ada satu kendala yang tidak bisa diketahui solusinya maka mereka berhenti di tengah jalan. Sekali lagi, jaman sekarang sangat mudah menerima segala pengetahuan wacana seluk beluk tanaman hias dan bisnis tanaman hias yang bisa dipelajari dari pengusaha tanaman hias yang sukses. Bisa pula menerima pengetahuan bisnis ini dari internet, buku, majalah, tabloid dan koran yang membahas persoalan bisnis tanaman hias.

Berikut ini hal yang harus dikuasai sebelum memulai bisnis tanaman hias yang menguntungkan dengan modal minim yaitu cara merawat tanaman hias yang baik dan benar. Poin ini termasuk tunjangan pupuk, penyiraman air dll yang bisa meningkatkan jumlah bunga supaya tampak lebih indah. Untuk menerima pengetahuan wacana bagaimana cara perawatan tanaman hias yang baik dan benar, anda bisa mencarinya di mbah google, internet, media massa cetak, atau berguru eksklusif kepada pembudidaya tanaman hias yang berhasil di sekitar anda.

2. Lokasi Usaha
Untuk lokasi usaha bisnis tanaman hias tidak perlu bangunan yang megah. Cukup dengan lahan tanah yang kosong dan luas sudah memadai untuk memulai bisnis tanaman hias. Anda bisa memulai usaha tanaman hias di halaman atau pekarangan rumah sahabat yang luas. Apalagi letak halaman rumah anda berada di tempat yang strategis ibarat di pinggir jalan yang ramai oleh lalu lalang orang.

Anda bisa juga menyewa lokasi usaha tanaman hias di tempat strategis. Namun biaya sewa lumayan mahal apalagi di perkotaan besar. Kalau di kota Bandung, gerai usaha tanaman hias berada di sekitar jalan raya Soekarno Hatta. Sedangkan di kota Cimahi gerai bisnis tanaman hias berada di bundaran Pasar Antri. Untuk gerai usaha tanaman hias di Sumedang masih sangat jarang pesaing. Hal ini menunjukan bahwa di daerah-daerah tertentu yang tidak ada pesaingnya, bisnis tanaman hias sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Pemilihan lokasi bisnis tanaman hias di tempat strategis sangat mutlak supaya orang-orang banyak membeli tanaman hias dari toko anda. Lingkungan lokasi usaha tanaman hias pastikan semoga selalu bersih sehingga bagus dipandang mata. Selain itu, jaga varietas dan kualitas tanaman hias tersebut. Sebagai salah satu bentuk pelayanan yang baik kepada konsumen.    

3. Memilih jenis tanaman hias
Ada banyak jenis dan varietas tanaman hias di Indonesia dan dunia. Dan negara Indonesia yang memiliki iklim tropis dikaruniai beribu-ribu jenis tanaman hias. Hal ini merupakan modal berharga dan sangat mendukung bagi bisnis pertanian ini. Saran penulis, anda bisa memilih untuk menjual dan membudidayakan jenis tanaman hias yang sedang musim ketika ini, populer dan laris manis. Sehingga perputaran uang berlangsung sangat cepat dan cepat balik modal.

Selain itu, anda perlu jeli melihat musim tanaman hias yang akan booming di masa depan. Misalkan ketika ini sedang trend  dan hits tanaman hias gelombang cinta maka anda bisa budidaya dan menjual tanaman gelombang cinta. Dan di tahun berikutnya, menjadi laku keras tanaman kaktus maka anda bisa bertanam tanaman kaktus untuk dijual di pasaran.

Cara lain dalam menentukan jenis tanaman hias yang hendak dijual dan dibudidayakan yakni pilihlah jenis tanaman hias yang sempurna dengan lingkungan di sekitar lokasi. Contoh apabila lingkungan usaha berada di tempat yang hambar maka jangan membudidayakan tanaman hias yang hidup di musim panas. Begitu sebaliknya, jikalau lokasi usaha berada di area panas maka pilihlah jenis tanaman yang yang cocok di tempat panas. Sehingga tidak membutuhkan biaya pengeluaran besar untuk memelihara dan merawat tanaman hias tersebut. Selain itu, memilih jenis tanaman hias yang cocok sesuai keadaan di sekitar bisa meminimalisir kegagalan.

4. Aspek keamanan
Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan sebagai salah satu cara memulai usaha tanaman hias yang eksklusif menguntungkan, modal kecil yakni memastikan lokasi usaha aman dari pencurian dan tangan jahil. Sebab lokasi usaha tanaman hias seringkali berada di pinggir jalan raya yang ramai sehingga rawan sekali terjadi tindakan pencurian. Apalagi jenis-jenis tanaman hias yang dijual memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Seperti tanaman bonsai, gelombang cinta dll.

Untuk menjaga keamanan di lokasi bisnis tanaman hias maka anda harus selalu mengawasinya secara ekstra baik pagi, siang maupun malam. Kalau saja terjadi pencurian satu jenis tanaman hias maka itu bisa menjadikan kerugian pada usaha tanaman hias anda. Oleh karena itu, untuk mencegah kehilangan tanaman hias yang sangat berharga bisa dilakukan dengan cara menyewa jasa pengamanan yang anda rekrut sebagai karyawan atau anda sendiri yang menjaganya.

5. Menyediakan sarana pendukung
Untuk sarana penunjang bagi bisnis tanaman hias anda dengan cara menyediakan akomodasi berupa tempat parkir yang luas, menyediakan ruang display atau etalase tanaman hias bisa berupa taman, menyiapkan ruangan penyimpanan tanaman hias, ruang khusus budidaya tanaman, ruang untuk pembibitan tanaman hias, tempat tunggu bagi pembeli yang nyaman dan lain sebagainya.

6. Promosi dan penjualan
Terakhir dari semua itu yakni bagaimana cara memasarkan tanaman hias ke seluruh tempat dan menerima penjualan. Salah satu caranya melakukan promosi bisnis tanaman hias yang anda jalani secara gencar, baik, efektif dan efisien. Baik itu promosi online mengunanakan sosial media gratis maupun offline ibarat mengikuti pekan raya pertanian tanaman hias, membuatkan brosur yang menjelaskan jenis tanaman hias yang anda jual beserta harga dan lokasi usaha. Sehingga usaha tanaman hias yang anda miliki dapat diketahui oleh banyak orang. Jika mereka membutuhkan tanaman hias maka mereka bisa membeli dari gerai anda.

Salam Wirausaha ... Salam Sukses.

No comments: