Rahasia Daftar Usaha Ternak Modal Kecil Untung Maksimal - Berusaha Bisnis

Latest

Inspirasi Usaha dan Bisnis

Saturday, March 16, 2019

Rahasia Daftar Usaha Ternak Modal Kecil Untung Maksimal

Usaha dalam bidang peternakan hewan bukanlah jenis usaha gres lagi di Indonesia. Bisnis ternak sudah ada semenjak jaman dulu sampai sekarang. Dan dari masa ke masa, usaha budidaya hewan selalu memperlihatkan keuntungan yang cukup besar bagi para pemiliknya. Hingga ketika ini, bisnis peternakan masih menjanjikan untuk dilakoni dengan potensi untung besar. Hal ini tak terlepas dari hewan ternak dijadikan makanan konsumsi bagi manusia.

Bisnis budidaya hewan ternak banyak dilakukan di pedesaan maupun perkotaan. Namun usaha ternak lebih banyak dijalankan di wilayah desa terpencil. Karena sumber daya ayam yang sangat mendukung. Seperti lahan yang masih luas dan hijau alami, suasana yang sejuk, dan pakan hewan ternak yang mudah didapatkan dari alam liar.


Daftar Usaha Ternak Modal Kecil Untung Maksimal
Apabila anda kebetulan berada di wilayah pedesaan dan sedang mencari peluang usaha gres yang sempurna dan menjanjikan di desa maka usaha ternak hewan merupakan pilihan yang bagus bagi anda. Karena jenis bisnis ini sangat mudah dilakukan dengan modal kecil. Untuk lebih jelas, berikut ini kami paparkan sejumlah daftar usaha ternak hewan modal kecil dengan untung maksimal, antara lain:


▪ Usaha Ternak Ikan Nila
Usaha budidaya ikan nila termasuk salah satu jenis usaha ternak hewan yang menguntugkan dalam waktu singkat. Sebab dalam jangka waktu tiga bulan, ikan nila sudah dapat dipanen. Untuk persoalan pemasaran, ikan nila sudah mempunyai basic pelanggan yang cukup besar. Banyak orang yang menyukai ikan nila alasannya rasa dagingnya yang gurih dan nikmat. Restoran kelas atas pun banyak menyajikan menu ikan nila. Untuk budidaya ikan nila bisa dilakukan di kolam tanah, kolam tembok maupun kolam terpal menggunakan sistem modern. Budidaya ikan nila termasuk usaha ternak yang menjanjikan di masa depan.


 ▪ Usaha Beternak Lele
Bisnis budidaya lele masih menjadi primadona bagi masyarakat desa. Karena beternak lele relatif sangat mudah dan dapat dijalankan dengan modal kecil di lahan sempit memakai kolam terpal dari plastik. Usaha budidaya ikan air tawar ini mudah dijumpai di wilayah pedesaan dengan omset keuntungan lumayan besar perbulan. Hal ini tak terlepas dari masa panen lele sangat cepat. Dalam waktu dua bulan sudah bisa panen.

Masalah pemasaran ikan lele pun sangat gampang. Hal ini diakui oleh penulis yang pernah membuat blog wacana penjualan ikan lele. Dimana banyak para pembeli yang memesan lele dalam jumlah kecil sampai besar. Apalagi dengan adanya restoran yang menyajikan menu lele dan pedagang pecel lele konsep kaki lima kian mudah saja dalam menjual hasil panen ikan air tawar ini.


▪ Usaha Beternak Belut
Bisnis budidaya hewan ternak yang dapat dilakukan di lahan sempit lainnya modal kecil tapi keuntungan optimal ialah usaha ternak belut. Untuk melaksanakan bisnis budidaya belut dapat dilakukan memakai kolam kecil atau di dalam drum bekas yang diisi air. Para pecinta masakan belut cukup besar jumlahnya di Indonesia.


▪ Usaha Beternak Ayam Broiler
Kebutuhan masyarakat terhadap daging ayam sangat tinggi. Hal ini alasannya daging ayam merupakan salah satu makanan yang memiliki kegunaan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani bagi manusia. Menyikapi undangan yang sangat besar terhadap daging ayam terutama menjelang lebaran membuat usaha beternak ayam broiler marak di desa. Di desa penulis saja ada lima buah peternakan ayam ras pedaging dengan sistem kerjasama dengan perusahaan besar.


Usaha budidaya ayam broiler tidaklah sulit. Yang penting anda memahami cara merawat dan memelihara ayam yang baik dan benar. Dalam jangka waktu satu bulan, ayam ras pedaging pun bisa dipanen. Bisnis beternak ayam ras pedaging memiliki tingkat resiko kerugian yang sangat besar jikalau tidak cerdik mengelola usaha ini. Namun jikalau sudah pengalaman dan terampil dalam usaha budidaya ayam broiler maka keuntungan besar di depan mata.


▪ Usaha Beternak Bebek
Usaha ternak yang menjanjikan di masa depan lainnya ialah bisnis beternak bebek. Ada dua macam jenis angsa yang bisa dibudidayakan, yaitu angsa petelur dan angsa pedaging. Rincian biaya modal usaha ternak bebek, antara lain pembuatan sangkar angsa yang menghabiskan biaya sekitar Rp 2 juta, pakan angsa dan bibit bebek.


Jangan dibilang usaha beternak angsa sepele. Ada banyak peternak angsa yang sukses dan kaya raya. Seperti yang penulis temui di sebuah sawah, seorang peternak yang mempunyai 1000 ekor angsa bisa membeli kendaraan beroda empat mewah dan rumah mewah berkat usaha beternak bebek. Pendapatan dari ternak angsa terutama dari hasil telor yang dihasilkannya. Dalam satu hari, ia bisa menerima seribu telur dari 1000 bebek.

Harga satu butir telor angsa ketika ini sekitar Rp 2000. Kaprikornus omset kotor yang ia dapatkan sebesar Rp 2 juta perhari. Dikalikan 30 hari maka keuntungan dari bisnis ternak angsa sebesar Rp 60 juta perbulan. Wow fantastis bukan? Namun usaha beternak angsa memerlukan pemeliharaan yang telaten dan pakan yang memadai. Rasanya siapa saja mau bekerja keras dan telaten untuk menghasilkan uang Rp 60 juta perbulan hanya dari usaha ternak bebek.


▪ Usaha Beternak Walet
Inilah bisnis paling menguntungkan dengan modal kecil yaitu usaha beternak burung walet. Seperti kita ketahui, walet merupakan salah satu jenis burung yang dapat dibudidayakan untuk diambil sarang. Harga sarang burung walet sangat tinggi. Perkilogram bisa mencapai jutaan rupiah. Hal ini membuat lebih banyak didominasi peternak burung walet menjadi kaya raya dan jutawan. Untuk persoalan pemasaran sarang burung walet sangat mudah. Anda bisa mengekspor ke negara Tiongkok dengan harga jual tinggi. Bisnis budidaya walet merupakan usaha ternak paling cepat membuat kaya.


▪ Usaha Beternak Burung
Sekarang ini masyarakat Indonesia sedang menggandrungi burung lovebird. Karena memiliki bulu yang indah. Harga burung sangat tinggi apalagi mempunyai bunyi yang merdu dan bulu yang indah. Harga satu ekor burung bisa mencapai puluhan juta rupiah. Hal inilah yang menyebabkan peluang usaha budidaya burung lovebird, kacer, murai batu, kakaktua dan perkutut. Pecinta burung di Indonesia sangat besar jumlahnya. Dengan pangsa pasar luas, maka usaha beternak burung akan sangat menjanjikan untung besar. Burung lovebird merupakan jenis hewan ternak yang paling menguntungkan ketika ini.


▪ Usaha Beternak Kambing
Bisnis budidaya kambing merupakan daftar usaha ternak hewan modal kecil dengan untung maksimal. Usaha beternak kambing sangat mudah kita jumpai di aneka macam desa di tanah air. Kebanyakan penduduk desa menjalankan usaha sampingan ternak kambing secara tradisional dan rumahan. Bisnis ini anti rugi dan selalu menguntungkan apalagi mendekati hari raya idul adha. Banyak orang memilih untuk membeli kambing sebagai hewan kurban di hari raya lebaran idul adha.

Usaha ternak kambing sangat gampang dijalankan. Bisnis ini tidak memerlukan modal besar. Anda bisa membeli bibit kambing seharga Rp 500 ribu. Kemudian membesarkannya sampai mencapai bobot yang maksimal dengan harga Rp 2 juta per ekor. Selain menerima keuntungan dari harga jual yang lebih tinggi, pendapatan dari usaha beternak kambing berasal dari anak kambing yang dilahirkan. Kambing merupakan jenis hewan ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat.


▪ Usaha Beternak Sapi
Sapi merupakan salah satu hewan yang biasa diternakkan oleh penduduk desa secara rumahan tradisional. Usaha budidaya sapi baik sapi perah maupun sapi pedaging dijamin menguntungkan. Resiko kerugian relatif kecil kecuali hewan sapi mengalami kematian. Ada banyak jenis sapi yang bisa diternakkan menyerupai sapi Australia, sapi lokal, sapi Bali, sapi jawa, sapi limosin, dan lain sebagainya.

Salah satu cara budidaya sapi yang menguntungkan ialah anda membeli hewan sapi yang masih muda. Lima bulan kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi dari sebelumnya. Begitu mudahnya usaha beternak sapi dengan keuntungan yang pasti dan mudah. Penulis sangat merekomendasikan usaha ternak sapi bagi anda yang sedang mencari peluang usaha gres di pedesaan.

Hal ini tak terlepas dari sapi merupakan hewan ternak yang diharapkan oleh insan untuk kebutuhan konsumsi daging. Daging sapi termasuk salah satu jenis sembako yang diharapkan insan selain minyak dan beras. Dan harga daging sapi yang stabil dan mengalami kenaikan pada ketika menjelang lebaran membuat usaha peternakan sapi sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Setiap tahun negara Indonesia melaksanakan impor daging sapi dari negara India dan Australia alasannya kebutuhan akan daging sapi di tanah air sangat tinggi dan belum bisa dipenuhi oleh para peternak sapi lokal. Inilah yang makin memperkuat usaha ternak sapi memperlihatkan potensi keuntungan cukup besar bagi para pelakunya. Apalagi tunjangan kondisi alam Indonesia sangat mendukung usaha beternak sapi sukses.

Hewan sapi merupakan salah satu hewan kurban. Sehingga setiap menjelang hari raya idul adha harga sapi naik tajam dan penjualan sapi meningkat pesat. Banyak orang yang memilih untuk menyembelih binatang kurban sapi di hari raya idul adha disamping hewan domba dan kambing. Karena hewan sapi mempunyai tubuh yang besar sehingga dagingnya lebih banyak dan bisa memperlihatkan jumlah daging yang besar kepada masyarakat. Sapi merupakan hewan ternak paling mudah dan menghasilkan.

Salam Wirausaha ... Salam Sukses.